Beritahati.com, Montevideo - Brazil bangkit setelah kemasukan gol terlebih dahulu untuk menang 4-1 atas Uruguay di Montevideo pada Kamis. Paulinho mengukir trigol pada kemenangan yang memperkuat posisi mereka untuk lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.


Kemenangan ini memberikan kemenangan kedelapan dari delapan pertandingan bagi Tite sebagai pelatih dan mendongkrak pemuncak klasemen Brazil untuk mengoleksi 30 angka di grup kualifikasi Amerika Selatan, hasil yang lebih dari cukup untuk menjamin lolos dari kualifikasi-kualifikasi sebelumnya.


Juara Piala Dunia lima kali itu unggul atas tim peringkat kedua Uruguay sebanyak empat angka sebelum pertandingan, namun tim lapis kedua tuan rumah memimpin terlebih dahulu pada menit kedelapan berkat penalti Edinson Cavani.


Marcelo berusaha untuk mengendalikan bola dengan dada ke arah kipernya, namun Cavani mengintersep dan dijatuhkan Alisson. Penyerang Paris St Germain (PSG) itu kemudian mengeksekusi bola mendatar ke sisi kanan Alisson.


Ini pertama kalinya Brazil kemasukan terlebih dahulu sejak Tite mengambil alih tim sebagai pelatih pada musim panas silam, dan mereka hanya memerlukan sepuluh menit untuk memperlihatkan bahwa mereka tidak akan dapat ditundukkan.


Pada pertandingan yang dimainkan lebih dulu, Kolombia menang 1-0 atas Bolivia di Barranquilla.


James Rodriguez menjadi sosok penentu kemenangan timnya melalui eksekusi penalti pada menit ke-83, untuk mendongkrak Kolombia naik ke peringkat ketiga pada grup kualifikasi dengan 21 angka.


Paraguay juga mencetak tiga angka untuk naik ke peringkat ketujuh di grup berisi sepuluh tim ini, dengan kemenangan 2-1 atas Ekuador.


Empat tim teratas akan lolos otomatis ke Rusia 2018 dan tim peringkat kelima akan menjalani pertandingan playoff antar benua dengan tim dari Oseania.