Indonesia bisa contoh Rumania, membangun kota dengan manusiawi

Indonesia bisa contoh Rumania, membangun kota dengan manusiawi

Penulis: Dadi

Beritahati.com, Rumania - Rombongan Komite Seni Budaya Nusantara ( KSBN), dalam lawatan budayanya ke Bucharest, Rumania selama tiga hari, sejak Kamis (10/5) diterima oleh Wakil Wali Kota Bucharest, Rumania, Tomnita Michaela Florescu di kantornya. Delegasi yang terdiri dari 10 orang ini dipimpin ketuanya Mayjen TNI (Purn) Hendardji Sepandji.


Dalam pesan tertulis yang diterima Beritahati.com pada Senin (15/5) diungkapkan bahwa lawatan Seni Budaya untuk memenuhi undangan Kedutaan Besar RI di Rumania dalam rangka festival budaya atau PIATA Indonesia, Sabtu (13/5).


Dalam pertemuannya dengan Wakil Wali Kota Bucharest, Duta Besar RI untuk Rumania Diar Nurbintoro menjelaskan, pemerintah Rumania terutama pemerintahan kota Bucharest, saat ini sedang berjuang keras melaksanakan penataan kotanya untuk mengejar persyaratan bergabung secara penuh menjadi anggota Uni Eropa (EU). Dan keinginan untuk tergabung dalam Uni Eropa merupakan cita cita negara Rumania dan seluruh masyarakat di Rumania.



Penataan kota yang sedang dilakukan Bucharest adalah antara lain, adalah; bagaimana menjaga dan merawat kurang lebih 200 gedung terutama sejumlah bangunan peninggalan pemerintahan sebelumnya ketika masih jaman komunis sebelum tahun 1989, yang memiliki sertifikat heritage dari PBB, membangun akses dan menciptakan tertib lalu lintas kota, serta membangun sejumlah fasilitas publik seperti ruang terbuka hijau, mulai dari taman-taman dan danau-danau di dalam kota.


Yang terbaru, Pemerintah Rumania merencanakan pembangunan pusat pemerintahan di satu kawasan yang berada dalam satu jalan lurus di sekitar Gedung Parlemen terbesar kedua di dunia setelah Gedung Pentagon.


Semula direncanakan gedung dua kementrian dan pemerintahan ditempatkan dalam satu kompleks namun pemerintahan komunis keburu ditumbangkan tahun 1988. Dan perencanaan dianggap sebagai ide yg baik dan akan dilanjutkan namun pemerintah kota masih kekurangan biaya.


Dubes menceriterakan, hal yang mengagumkan terkait perencanaan kota, yakni dengan membangun sebanyak banyaknya taman kota yg di tengahnya ada danau buatan.



Danau buatan itu dimaksudkan selain untuk tampungan air saat hujan, juga menjadi tempat rekreasi bagi warga kota. Dan taman-taman beserta danau rencananya akan dibangun di setiap distrik atau kecamatan.


Di taman-taman tersebut akan dibangun sejumlah fasilitas publik berupa toilet setiap 200 meter dan kotak sampah setiap 50 meter. Sehingga taman dan danau tersebut tetap kebersihannya.


Untuk menghindari kemacetan di kota saat jam kerja dan kosong saat libur, menurut Dubes, pemerintah kota Bucharest berencana mengembangkan suatu daerah pemukiman dan pusat perdagangan diluar pusat pemerintahan.


Sementara itu, delegasi Indonesia, Hendardji menyatakan kekagumannya atas kota Bucharest karena benar-benar ditata sisi keamanannya, kenyamanannya dan manusiawi. Taman-taman yang dibangun ini sangat membantu warga menjaga kesehatan dan kenyamanan karena dibangun pula pdestroan (tempat khusus pejalan kaki) dan transportasi sepeda.


“Karakter sebuah kota akan menjadi karakter manusia yg tinggal di dalamnya. Karakter kota bucharest bersih, hijau, aman, nyaman dan manusiawi,” kata Hendardji dalam keterangannya yang diterima Beritahati.com, Senin (15/5).



Sementara itu delagasi Indonesia lainnya, Yoseph Umarhadi yang merupakan anggota Komisi V DPR yang kebetulan bersama isterinya Lindy Ann Umarhadi yang akan mengadakan fashion show di Bucharest, membenarkan bahwa kota Bucharest cocok menjadi rujukan bagi kota-kota di Indonesia yang ingin belajar membangun dan menata kota.


“Pembangunan danau dan taman buatan itu menjadi kebutuhan dan kewajiban tak hanya di negara-negara di Eropa, Kota-kota di Indonesia juga harus melakukannya agar menjadi ramah sehat nyaman dan manusiawi serta bebas banjir,” tambah Yoseph Umarhadi yang juga menjadi bagian tim perumus Undang-Undang Tata Ruang, Senin (15/5).

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top