Beritahati.com, Rumania – Sebuah misi mengenalkan Indonesia ke mata masyarakat Eropa dilakukan oleh rombongan Komite Seni Budaya Nusantara ( KSBN). Delegasi yang hanya terdiri dari 10 orang dan dipimpin ketuanya Mayjen TNI (Purn) Hendardji Sepandji tak disangka bisa membuat masyarakat Rumania berdecak kagum.


Dalam pesan tertulis yang diterima Beritahati.com pada Senin (15/5) diungkapkan bahwa lawatan Seni Budaya untuk memenuhi undangan Kedutaan Besar RI di Rumania yang tengah mengelar festival budaya atau PIATA Indonesia di Bucharest, Rumania pada Sabtu (13/5) waktu setempat.


Dalam lawatannya ke Rumania, setibanya pada Kamis (10/5), delegasi langsung disapa hangat sang pengundang yakni Kedutaan RI untuk Rumania yang langsung dipimpin Duta Besar RI, Diar Nurbintoro. Dan pemerintahan kota Bucharest, Rumania yang dipimpin oleh Wakil Walikotanya, Tomnita Michaela Florescu di kantornya.


Usai mengadakan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Bucharest, Dubes RI untuk Romania di Bucharest langsung mempersiapkan pagelaran Piata Indonesia ke-3, dengan melaksanakan gladi bersih. Dalam Piata Indonesia yang digelar setiap tahun ini, pada tahun 2017, tema yang diangkat adalah "The Flavor of Java"; dengan menampilkan seni dan budaya yaitu: tarian Lilin, musik Gamelan yang dibawakan Nayoga Student musik gamelan di Bucharest, tarian Yapong, tarian Gambyong, serta peragaan busana batik bertema "Royal Ethnic Batique", tradisi pengantin Jawa, dan musik Angklung dari AWI (Angklung Web Indonesia) pimpinan Budi Supardiman asal Bandung.


Dihadapan delegasi KSBN, dan 200 undangan yang terdiri dari; Duta-duta besar bersama staf dari negara-negara di Rumania serta tentunya masyarakat Bucharest. Dubes RI menyampaikan bahwa kegiatan PIATA Indonesia ke-3 ini dilakukan bertujuan untuk menarik minat masyarakat dari belahan dunia Eropa khususnya Rumania untuk belajat dan berkunjung ke Indonesia.


Ketua KSBN, Hendardji Supandji menyampaikan penghargaan atas undangan dan pagelaran PIATA Indonesia ke-3 ini.
“Kegiatan ini merupakan wujud untuk memajukan, mempromosikan kebudayaan Indonesia sebagaimana diharapkan oleh UU Pemajuan Kebudayaan Nasional yang baru saja disahkan oleh DPR,” katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Beritahati.com, Senin (15/5) sore.


Sementara dalam sambutannya, Yoseph Umarhadi delegasi yang mewaliki unsur DPR RI menyampaikan seyogyanya pemerintah memberikan dukungan dan menetapkan suatu kebijakan bahwa setiap Kedubes RI di mana saja melaksanakan kegiatan semacam ini, mengingat apa yang PIATA Indonesia kali ini membuat masyarakat Eropa khususnya Rumania terkagum-kagum.
“Dalam upaya pemajuan dan memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional, agar Indonesia semakin menjadi tujuan wisata bagi turism. Dan ternyata semua yang hadir terpesona betapa kaya dan menarik alam dan kebudayaan di Indonesia,” tambah Yoseph Umarhadi.