Beritahati.com, Jakarta - Entah apakah ada atau tidak suatu pekerjaan yang begitu beratnya sampai-sampai Panasonic meluncurkan laptop-tablet 2-in-1 berspesifikasi “monster” seperti Toughbook 33 ini. Ditargetkan untuk para pekerja di tempat-tempat ekstrim, Toughbook 33 ini memiliki fitur-fitur perlindungan yang tidak dimiliki laptop-tablet 2-in-1 lainnya.


Memiliki layar 12 inci resolusi 2K dengan rasio 2:3 memang membuat laptop ini terlihat seperti kotak persegi. Layar ini bisa dicopot mejadi tablet, tetapi bisa sangat kuat menempel ketika dipasangkan dengan keyboard-nya. Toughbook 33 sudah lulus uji standar ketahanan MIL-STD-810G dengan sertifikat IP65. Cipratan air atau kehujanan sekalipun bukan masalah bagi laptop ini.


Di dalamnya, terdapat dapur pacu terbaru prosesor Kabylake (7th-gen) Intel Core i5 atau i7 dengan RAM 8GB/16GB dan memori 256GB/512GB SSD. Menariknya, layaknya tablet yang lengkap, Toughbook memiliki konektivitas USB 3.0, microSD, HDMI, Ethernet, audio dan nano-SIM. Ada pula dua kamera 8MP di depan dan belakang.


Bila dirasa kurang, keyboard-nya sendiri memiliki konektivitas SD card, HDMI, VGA, Ethernet, serial port, dan tambahan tiga buah USB lagi. Lalu pertanyaan utamanya, berapakah harga Toughbook 33 ini? Percaya atau tidak, harganya adalah $4,099 atau sekitar Rp. 54.640.000,-! Tentu saja ini merupakan investasi yang besar bagi Panasonic. Ya, sebab pastinya ada saja beberapa perusahaan yang akan membeli laptop ini dalam jumlah banyak.