2663 
Brigadir Jenderal Nur Affiah, Wakapolda 'cantik' pertama di Indonesia

Brigadir Jenderal Nur Affiah, Wakapolda 'cantik' pertama di Indonesia

Reporter : Alimin

Beritahati.com, Jakarta - Dalam institusi Kepolisian, unsur pimpinan institusi ini kerap kali diisi oleh gender pria. Namun di era profesionalisme, hal-hal personal tampaknya sudah tidak dipentingkan lagi, yang penting profesional.


Brigjen Dra. Hj.Nur Afiah, menjadi satu-satunya Wakapolda (Wakil Kepolisian Daerah) wanita di Indonesia saat ini. Walau sebelumnya tidak pernah berkiprah di bagian operasional, namun Kapolri memberikan kepercayaan kepadanya untuk memegang jabatan sebagai Wakapolda Sumatera Barat sejak 1 Juni 2015 lalu.


Hari ini, Nur Afiah resmi menyandang pangkat baru menjadi Brigadir Jenderal Polisi yang sebelumnya berpangkat Komisaris Besar Polisi. Hal ini terjadi seiring, naiknya Polda Sumbar dari tipe B menjadi tipe A. Jadi secara otomatis Kapoldanya akan diisi bintang dua dan Wakilnya bintang satu.


Dari sisi karir, istri dari Brigjen Pol Purnawirawan Zainal Arifin Macik ini memulai bakti Kepolisiannya sejak tamat kuliah di IKIP Jakarta tahun 1984 lalu.


Setelah mendaftar program lulus kuliah menjadi Polwan (Polisi wanita), Nur Afiah langsung ditempatkan di Pusat Pendidik (Pusdik) Polwan, Ciputat Jakarta selama 10 tahun.



Setelah menamatkan Sekolah Pimpinan Polri, ibu dua anak ini kemudian ditempatkan di Korlantas. Ia juga pernah dua tahun bertugas di divisi Humas Mabes Polri. Perempuan berusia 55 tahun ini kemudian ditempatkan lagi biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.


Kemudian, sekolah lagi di Lemhanas dan empat tahun kemudian diangkat menjadi Wakapolda Sumatera Barat.


Acara kenaikan pangkat kali ini dihadiri beberapa perwira tinggi Polri serta dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/05) di ruang Rupatama Mabes Polri.


Usai pelantikannya, Nur Afiah mengatakan akan mengemban amanah yang diberikan kepadanya ini sebaik-baiknya.


"Saya akan bekerja semaksimal mungkin dan saya mohon dukungan dari masyarakat Sumatera Barart," katanya.
(Editor: Dadi)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top