161 
Luar biasa, Pengajian Proklamasi 36 makin eksis diusianya ke 50 tahun

Luar biasa, Pengajian Proklamasi 36 makin eksis diusianya ke 50 tahun

Reporter : Zulkarnaen

Beritahati.com, Jakarta - Kiprah Pengajian Proklamasi 36, tak terasa telah memasuki usia 50 tahun. Sebuah Usia yang cukup panjang dan jarang terjadi pada kelompok pengajian ibu-ibu. Demikian diutarakan Gina D.Alamsjah, selaku ketua pelaksana pengajian dan Estherida Soeleiman sebagai ketua pelaksana tarawih Pengajian Proklamasi 36.


Kepada Beritahati.com, Estherida bercerita, bahwa awal terbentuknya kelompok pengajian ini pada tahun 1967, di rumah Ibu Alamsjah Ratu Perwiranegara, istri dari Bapak Alamsjah Ratu Perwiranegara, mantan Menteri Agama di Era Orde Baru


"Awal mula kelompok pengajian ini berdiri tahun 1967 di rumah Ibu Alamsjah Ratu Perwiranegara, di Jalan Proklamasi nomor 36 Jakarta Pusat. Untuk mengenang awal berdirinya itu, maka kelompok pengajian dinamakan Pengajian Proklamasi 36," ujar Gina yang diamini Estherida.


Seperti diketahui, Alamsjah Ratu Perwiranegara adalah salah satu menteri di era Orde Baru. Alamsjah pernah menjabat sebagai Menteri Agama. Pada awalnya, pengajian ini dikhususkan untuk istri para tokoh dari Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang berada di Jakarta. Namun dalam perkembangannya, pengajian ini untuk keluarga.


"Pengajian ini sekarang dilanjutkan ke generasi yang kedua," ungkap Estherida.


Setiap ramadhan, Pengajian Proklamasi 36 menyelenggarakan buka bersama dan sholat tarawih berjamaah, di kediaman para anggota. Untuk tahun ini, kegiatan bukapuasa bersama dan sholat tarawih, akan dilakukan di 11 lokasi berbeda di Jakarta, di antaranya, di Hotel Chrystal Jakarta Selatan,dengan tuan rumah keluarga besar Hajjah Titi Alamsjah Ratu Perwiranegara.


Selain itu juga diselenggarakan di kediaman keluarga besar almarhum Ahmad Bakrie, dengan generasi penerus Hajjah Oddi Kusmuljono dan H. Aburizal Bakrie, serta di kediaman keluarga besar Hajjah Sally Soeleiman, istri dari tokoh Palembang yang merupakan mantan anggota MPR/DPR RI, DR. H.MS Soeleiman.


Di antara 11 lokasi pengajian tersebut, juga akan digelar di rumah dinas Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.Tanggal 31 Mei 2017 lalu,sempat dilaksanakan di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan.


Selain berbuka bersama dan tarawih berjamaah, Pengajian Proklamasi 36 juga mengumpulkan infak dan sodakoh, yang disalurkan kepada masyarakat di 5 provinsi di Sumbagsel. Yakni di provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu,Jambi dan Bangka Belitung.


Nama-nama tenar duduk sebagai dewan pakar pengajian ini. Di antaranya H.Abdul Gafur, Hajjah Enny Sutowo, H. Harry Sohar, dan Hajjah Mulia Denny JA sebagai penerus dari generasi pertama.


Ustad Solihin,yang jadi penceramah pengajian ini di Hotel Chrytal Jakarta,mengungkapkan kekagumannya karena Pengajian Proklamasi 36 sudah berusia 50 tahun.


"Luar biasa, pengajian ini kini sudah berusia 50 tahun. Saya saja baru membentuk majelis taklim, sudah bubar lagi," tutur Ustad Solihin nya disambut tawa hadirin.

Bertindak sebagai imam dalam kegiatan tarawih kelompok Pengajian Proklamasi 36, di antaranya KH. Moersied Qory Indra dari Qur'an Center Bintaro Jaya.


(Editor : Cahyo)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top