Tenyata 3 pura ini paling bersejarah di Bali

Tenyata 3 pura ini paling bersejarah di Bali
Pura Maospahit
Penulis: Fariana

Beritahati.com, Bali - Bali dikenal dengan julukan Pulau Seribu Pura. Sebab, terdapat banyak Pura yang jaraknya sangat berdekatan di pulau ini. Pura merupakan tempat ibadah bagi Agama Hindu yang banyak dianut masyarakat Bali.


Dalam buku Denpasar Highlights disebutakan terdapat 3 Pura paling bersejarah di provinsi yang dipimpin I Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta, berikut di antaranya Pura Maospahit.


Pura Maospahit menjadi salah satu wisata religi sekaligus bersejarah.


Arsitekturnya masih kental peninggalan Jawa Majapahit serta berbahan hampir seluruhnya bata merah. Disebut juga dengan Pura Maospahit Grenceng karena lokasinya berada di dekat Bale Banjar Grenceng, dekat dengan Badung dan Pasar Kumbasari, Denpasar.


Pura Jagatnatha Pura Jagatnatha terletak di kota Denpasar, tepatnya di jalan Mayor Wisnu, sebelah timur Puputan Badung. Pura ini dikategorikan sebagai pura kahyangan. Berbeda dengan nama pura-pura lainnya di Bali, pura ini diambil dari nama gunung atau desa yang terletak di area Pura Besakih dan pura lainny. Pura Sakenan Pura Sakenan adalah salah satu pura penting yang? terletak di wilayah selatan Bali.


Berada di sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Selatan Denpasar yang bernama pulau Serangan. Pura ini masih memiliki hubungan dengan Budha. Di pulau Serangan juga memiliki pura sendiri yang namanya sama dengan nama pulau. Pura Sakenan dibangun dengan latar belakang wujud syukur orang yang merasa sira angen dengan keindahan alam pulau ini.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top