Beritahati.com - Laga dramatis tersaji antara Skotlandia vs Inggris di Grup F kualifikasi Piala Dunia zona Eropa di Hampden Park Glasgow, Minggu (11/6) dini hari WIB. Laga Derby Britania itu sendiri nyaris dimenangi oleh Skotlandia dengan skor 2-1 sebelum Hary Kane membuat gol telatnya di injury time.


Dengan skor 2-2 ini, Inggris tetap mantapkan diri menjaga posisi puncak klasemen Grup F dengan enam kali laga mengoleksi 14 poin. Sedangkan Skolandian masih tercecer di posisi ke empat dengan nilai delapan.


Laga ini memang sangat seru, hanya dalam tempo tiga menit waktu normal tercipta tiga gol setelah sebelumnya berjalan alot.


Awalnya Inggris berhasil unggul pada menit ke-70 lewat gol Oxlade-Chamberlain, namun dibalas oleh Skotlandia lewat gol Griffiths pada menit ke-87. Bahkan tuan rumah unggul pada menit ke-90. Dan Inggris lolos dari kekalahan setelah Harry Kane yang jadi kapten tim mampu mencetak gol beberap detik jelang laga buar.


Sejak menit awal, Inggris mampu mendominasi permainan. Joe Hart bahkan hanya menjadi penonton pada sebagian besar babak pertama, sementara rekan-rekannya di depan mengkreasi peluang demi peluang.


Seperti saat Kane mendapatkan kans setelah penjaga gawang Skotlandia Craig Gordon terlalu terburu-buru maju untuk menghalau bola. Sundulan sang kiper jatuh ke Kane, tetapi tendangan lob dari pemuda 23 tahun itu dapat digagalkan bek Kieran Tierney.


Banyak peluang tercipta namun babak pertama berakhir 0-0 ini karena penyelesain akhir Inggris buruk.


Kebuntuan baru tercipta pada menit ke-70. Baru lima menit bermain menggantikan Marcus Rashford, Alex Oxlade-Chamberlain menjadi pencetak gol pertama di laga itu. Bintang Arsenal ini menggiring bola dari kanan, menusuk ke dalam kotak penalti lalu melepas tendangan keras yang menaklukkan Gordon.


Skotlandia sejatinya nyaris tidak memberikan ancaman berarti di lini penyerangan, tetapi spesialisasi Leigh Griffiths mengeksekusi bola mati mengantar tim asuhan Gordon Strachan membalikkan kedudukan dalam tiga menit di pengujung laga.


Dua kali Griffiths membikin Joe Hart bertekuk lutut menghadapi tembakan bebasnya. Pertama penyerang Celtic itu mengirim bola ke sudut kanan atas untuk menyamakan skor (87'), sebelum membuat eksekusi mematikan lagi ke arah kiri dan mengantar tuan rumah unggul 2-1 di menit ke-90.


Harapan The Tartan Army menggondol poin penuh sayangnya harus kandas setelah voli Kane mengonversi umpan silang Raheem Sterling dari kiri menggetarkan jala Gordon menginjak menit ketiga masa injury time.