68 
Menjelajahi surau yang usianya 200 tahun, seperti apa ya?

Menjelajahi surau yang usianya 200 tahun, seperti apa ya?
Surau Lubuak Landua
Penulis: Fariana

Berithati.com, Sumbar - Surau Lubuak Landua ini bukan sembarang surau biasa, mari telusuri lebih dalam soal surau yang sudah berumur 200 tahun tersebut. Surau atau musala ini didirkan oleh Buya Lubuak Landua, dan dijadikan tempat ibadah oleh masyarakat.


Tapi, kini saat Ramadan dan menjelang Lebaran, surau juga dijadikan sebagai objek wisata religi. Banyak wisatawan dan para musafir singgah di surau. Seperti yang dikutip dari laman resmi Serenity of Minangkabau, surau yang terdapat makam Buya Lubuk Landua memiliki mitos, jika berkunjung ke makam Buya dan berdoa di sana, konon doanya akan dikabulkan.


Surau tua tersebut juga jadi bukti kalau penyebaran agama Islam pertama berada di Lubuak Landua. Sehingga tidak heran lagi jika masyarakat Pasaman Barat terkenal agamis dan religius. Surau Lubuak Landua berbentuk bangunan panggung dengan konstruksi bangunan terbuat dari kayu, atap terbuat dari seng, dan banyak terdapat jendela-jendela jadul.


Anda yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi surau tua ini bisa mencapai Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Selatan. Surau hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Simpang Empat atau sekira 4 jam perjalanan dari kota Padang, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top