135 
Kirab malam selikuran sambut malam Lailatul Qadar

Kirab malam selikuran sambut malam Lailatul Qadar

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Solo - Keraton Kasunanan Solo mengadakan kirab malam selikuran pada Kamis (15/6) malam. Kirab malam selikuran kali ini, berbeda seperti dengan tahun sebelumnya.


Kalau sebelumnya kirab malam selikuran berakhir di kawasan Masjid Agung Solo, untuk kali ini berakhir di Joglo Sriwedari.


Agenda rutin yang diselenggarakan dalam menyambut malam Lailatul Qadar atau 10 hari terakhir puasa ini, diawali dari kawasan Keraton Solo, namun hanya lokasi finis yang berbeda.kirab malam selikuran


Dalam kirab tersebut, juga diisi dengan kirab 1.000 takir (tumpeng kecil). Tak hanya itu saja, dikirab tersebut juga diiringi dengan lampu ting sebagai penerangan jalan.


Pejabat Humas Keraton Solo KP Bambang Pradotonagoro saat ditemui disela kegiatan menerangkan, dalam kirab ini diikuti oleh sebanyak 750 orang.


“Ini semua merupakan keinginan dari Sinuhun sendiri, sebelum kegiatan ini diadakan, Sinuhun sudah meminta untuk rute kirab berakhir di Joglo Sriwedari,” jelasnya.


Meski tidak mengetahui secara pasti terkait alasannya, namun ia menilai salah satunya, diadakan di Joglo Sriwedari agar dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat.


Setelah iring-iringan kirab tiba, 1.000 tumpeng kecil tersebut diletakan di Joglo Sriwedari, kemudian di doakan dan dibagikan kepada masyarakat

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top