Ini dia pengeluaran yang harus anda persiapkan jelang lebaran

Ini dia pengeluaran yang harus anda persiapkan jelang lebaran
Ilustrasi
Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - IDUL Fitri. Hari raya tersebut menimbulkan banyak hal di pikiran kita. Ada yang senang lantaran mau pulang ke kampung halaman, tak sabar menunggu THR, membeli pakaian baru, dan sebagainya. Tapi satu yang pasti, bahwa Hari Raya Idul Fitri adalah perayaan hari besar bagi umat Muslim di seluruh dunia.


Dalam menyambut hari Lebaran, tentunya terdapat beberapa pengeluaran yang harus dipersiapkan. Mengapa dikatakan harus mempersiapkan? Ramadhan juga kerap kali dimaknai dengan bulan konsumtif, dimana selain beribadah, masyarakat muslim juga banyak sekali membeli keperluan hidup, bukan hanya saat perayaannya saja, namun juga menjelang dan pasca Lebaran.


Uniknya, pengeluaran yang lebih besar dari biasanya ini tidak terasa, apalagi ada rasa syukur dan gembira menyambut hari raya. Namun tanpa sadar bisa-bisa keuangan Anda bisa berakhir dengan saldo nol di akhir musim lebaran atau bahkan lebih parah lagi, tunggakan utang menumpuk!


Tentunya, Anda tidak mau ini semua terjadi setelah bersuka cita merayakan hari lebaran bersama sanak saudara bukan? Oleh sebab itu, Yuk baca artikel ini untuk mengetahui pengeluaran apa saja sih yang harus dipersiapkan menjelang lebaran dan praktikkan atur keuangan yang lebih baik lagi agar tidak kebablasan.


1. Zakat (Amal) Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Sebaiknya pos zakat Anda dan keluarga sudah disiapkan sebelum lebaran tiba. Alokasikan hitungan pos dana untuk zakat amal, zakat profesi dan tentu saja zakat fitrah yang merupakan kewajiban. Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitungan berapa persen dari keuangan Anda yang mau dialokasikan untuk zakat. Usahakan mencatatkan pengeluaran Anda sebaik mungkin agar hal ini tidak terlupa.


Tips :? Lakukan perhitungan zakat Anda dengan kalkulator zakat yang bisa Anda akses secara online. Lalu tentukan zakat apa saja yang akan Anda bayarkan, kapan mau dibayarkan dan cara pembayaran secara online atau offline? Yang terpenting, persiapkan pos dana zakat Anda dengan baik.


2. Mudik Mudik menjadi kegiatan khas yang dilakukan saat lebaran tiba. Selain senang bertemu keluarga dan sanak saudara jauh, ketika mudik finansial menjadi hal yang juga harus dipertimbangkan. Mulai dari biaya transportasi, makan, oleh-oleh selama mudik. Faktanya mudik membuat pengeluaran Anda meningkat tajam apalagi harga transportasi mudik yang naik.


Tips : Lakukan simulasi hitungan biaya apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, catat pengeluaran untuk biaya bensin. Apabila Anda memilih transportasi umum (pesawat, kereta api atau bus) ?carilah promo tiket dari jauh hari agar murah atau Anda bisa mengkombinasikan transportasi umum Anda dan memilih yang termurah agar pengeluaran Anda bisa dihemat.


3. Pakaian Baru Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Ya, sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk membeli baju baru ketika merayakan Lebaran. Itulah sebabnya banyak pusat perbelanjaan memberikan diskon besar dan promo mulai dari baju, celana, sepatu, dan juga aksesoris. Memang patut diakui bahwa tawaran-tawaran tersebut cukup menggiurkan, namun jangan sampai Anda mengeluarkan uang terlalu berlebihan hanya untuk pakaian baru.


Tips : Tentukan bujet untuk membeli pakaian baru untuk Anda maupun keluarga Anda. Ingat maksimalkan semua tawaran promo dan diskon yang Anda saat berbelanja pakaian. Usahakan untuk tidak gelap mata dan tergiur oleh diskon yang hanya akan membuat Anda belanja berlebihan. Tidak perlu membeli sepatu/sandal baru, jaket baru jika Anda tidak memerlukannya.


4. Biaya Makanan Lebaran Untuk pos ini Anda juga harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya untuk membuat kue lebaran, bahan-bahan makanan untuk lebaran, hingga minuman-minuman ringan untuk mengantisipasi jika ada sanak saudara yang berkunjung saat atau setelah lebaran.


Tips : Untuk pengeluaran biaya makanan lebaran ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri dan membuat kue lebaran sendiri. Tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan, buatlah daftar belanjaan Anda dan saat belanja bahan makanan, Anda bisa lebih hemat saat belanja dengan memanfaatkan diskon/promo maupun pembayaran dengan kartu kredit.


5. Biaya Pengganti Pembantu Rumah Tangga Ketika Lebaran tiba, hampir semua pembantu rumah tangga juga akan pulang kampung untuk merayakannya. Mungkin dengan kepulangan mereka Anda akan merasa kerepotan mengurus keperluan rumah tangga, sehingga dibutuhkan untuk menyewa pembantu rumah tangga pengganti.


Tips : Agar pengeluaran Anda tidak meningkat tajam, untuk biaya pembantu rumah tangga Anda bisa jauh-jauh hari mencarinya tentunya untuk biaya yang satu ini, Anda harus menyadari jika biaya pembantu pasti lebih mahal dari biasanya. Oleh sebab itu, tentunya bujet Anda dan usahakan untuk mencari yang sesuai. Akan lebih hemat lagi jika Anda dan keluarga saling gotong royong mengurus keperluan rumah tangga.


6. Dana Darurat Ketika mudik hal lain yang tidak kalah penting yang harus Anda siapkan adalah kebutuhan dana apabila terjadi kondisi darurat di jalan. Siapkanlah dana darurat dalam bentuk uang tunai, atau jika ingin ditaruh di Bank pastikan menggunakan Bank yang ada di pedesaan atau di daerah tingkat II. Mengingat tidak semua Bank di kota besar, memiliki ATM di daerah pedesaan atau daerah-daerah pedalaman tertentu.


Tips : Berjaga-jaga dengan menyiapkan dana dalam bentuk tunai untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik seperti kendaraan mogok bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, kecelakaan atau salah satu anggota keluarga sakit.


7. Biaya yang Akan Dihabiskan Selama Tinggal di Kampung Halaman Tujuan Anda mudik saat atau sebelum lebaran tentu saja karena menginginkan momen lebaran dihabiskan bersama keluarga besar bukan? Saat di kampung halaman tentu saja Anda akan tinggal dirumah orang tua atau saudara. Namun walaupun tinggal dirumah keluarga sendiri, pasti terkadang Anda merasa tidak enak dan takut membebani.


Tips: Bagi Anda yang sudah berpenghasilan, siapkan biaya tambahan sebelum mudik, seperti biaya jajan untuk diri sendiri atau ikut membantu biaya membeli bahan makanan dan jika memiliki rejeki lebih tidak ada salahnya ikut memberi THR kepada sanak saudara lain yang masih kecil atau mentraktir makan keluarga besar. Sebagai tambahan siapkan juga biaya membeli oleh-oleh khas yang akan dibawa kembali dari kampung halaman.


8. Pasca Mudik Biaya lain yang harus Anda siapkan adalah biaya pasca mudik. Acara mudik rata-rata berlangsung paling lama sepekan, selebihnya hidup akan berjalan normal seperti biasa. Seringkali selama sepekan tersebut tanpa sadar Anda menghabiskan gaji dan tabungan Anda tanpa memperhitungkan berapa yang Anda habiskan dan berapa yang tersisa. Hal ini menjadi vital karena ada hidup yang terus berjalan selepas pasca mudik lebaran, sedangkan Anda harus tetap bertahan hingga gajian berikutnya.


Tips : Biaya pasca mudik menjadi hal yang tidak kalah penting yang harus Anda siapkan. Sama seperti membuat anggaran kebutuhan setiap bulan, lakukan cara yang sama agar Anda tidak harus mencari pinjaman untuk kebutuhan hidup pasca mudik lebaran.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top