Cara mengatasi dan mencegah kepala bayi peyang

Cara mengatasi dan mencegah kepala bayi peyang

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Untuk menghindari dan mengatasi masalah kepala bayi peyang, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, di antaranya:


Ubah posisi tidurnya Untuk mencegah kepala bayi peyang, usahakan agar bayi tidur telentang dengan posisi kepala miring ke sisi kanan atau sisi kiri, secara bergantian.


Ubah posisi tempat tidurnya Bayi tertarik melihat benda-benda yang bercahaya terang atau ke arah jendela. Mengubah posisi tidur bayi atau letak tempat tidurnya akan mendorong bayi untuk menengokkan kepala ke arah yang berbeda, sehingga tidak terjadi penekanan terus menerus di salah satu sisi kepala. Cara ini juga bisa diterapkan dengan memindahkan posisi mainan yang ada di sekitarnya.


Variasikan cara menggendong Menggendong bayi dengan posisi bayi tegak, baik didekap atau dengan posisi miring, dapat mengurangi penekanan pada bagian belakang kepalanya.


Menggunakan helm dan ikat kepala khusus Jika perubahan posisi tidur dan cara lainnya tidak membuahkan hasil, Anda dapat menggunakan helm khusus untuk mengembalikan bentuk kepala


Helm khusus ini dapat membantu memperbaiki bentuk tulang tengkorak bayi seiring pertumbuhannya, dengan memberi tekanan pada salah satu sisi kepala dan mengurangi tekanan di sisi yang lain, sehingga memungkinkan pertumbuhan yang merata di seluruh bagian tulang tengkorak. Metode ini dimulai saat tengkorak bayi masih lunak, yaitu sekitar usia lima atau enam bulan. Dan alat tersebut harus selalu dipakai, sampai dengan 23 jam per hari, selama beberapa bulan.


Meskipun tidak membahayakan kesehatan, kepala bayi peyang jangan diabaikan. Jika cara-cara yang telah dipaparkan di atas telah Anda lakukan namun kepala bayi Anda tetap rata atau peyang, segera konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan.


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top