Meski tak disarankan, ini 4 tips aman mudik dengan motor

Meski tak disarankan, ini 4 tips aman mudik dengan motor

Penulis: Cahyo

Beritahati.com, Jakarta - Sebenarnya tak disarankan mudik menggunakan sepeda motor karena berisiko membahayakan baik bagi pengendara maupun mereka yang membonceng, apalagi penuh dengan muatan barang.


Namun karena keterbatasan biaya, mudik dengan motor akhirnya menjadi pilihan, meski sejumlah risiko menghantui.


Seperti disampaikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa bahaya mudik dengan sepeda motor bagi kesehatan terutama mengganggu metabolisme tubuh seperti nyeri leher, sendi kaku dan lainnya.


Nah, untuk mengatasi hal di atas, ada 3 hal yang dapat dilakukan.


1. Mudik dengan motor, sebaiknya hanya untuk perjalanan dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jika dari Jakarta tujuannya adalah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, maka sebaiknya tidak mudik dengan sepeda motor. Jika terpaksa menggunakan motor, maka manfaatkan fasilitas pengangkutan sepeda motor dengan kapal laut maupun kereta api dari pemerintah dan sektor swasta.


2. Jangan membawa istri dan anak-anak sekaligus, jika mudik dengan motor. Karena motor hanya untuk kapasitas dua orang saja. Juga jangan membawa bayi, karena dapat membahayakan kesehatan dan keselamatannya.


3. Kalapun terpaksa harus mudik naik motor, maka sering-seringlah beristirahat di jalan. Setidaknya, beristirahatlah empat jam
sekali agar badan tidak terlalu lelah. Ingat! Jangan paksakan mengendarai motor jika mengantuk.


4. Manfaatkan ratusan pos istirahat yang? sudah tersedia sepanjang arus mudik. Jika kurang sehat, datangi pos kesehatan yang ada.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top