Tips mudik paling aman dan nyaman pakai mobil pribadi

Tips mudik paling aman dan nyaman pakai mobil pribadi

Penulis: Cahyo

Beritahati.com, Jakarta - Momentum Lebaran adalah saat paling dinanti bagi sebagain besar para perantau untuk mudik ke kampung halaman. Pastinya mendapatkan rasa aman dan nyaman tentu menjadi keinginan para pemudik, terutama bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi. Nah, untuk itu perlu dilakukan persiapan yang baik sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh.


Mekanik sekaligus pemilik bengkel “Tiara Motor”, Iwan Setiawan menyampaikan beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik Anda aman, lancar dan nyaman.


“Pertama, pastikan melakukan servis berkala secara rutin sebelum mudik Lebaran. Ini akan memperkecil masalah yang mungkin terjadi pada mobil Anda,” katanya, saat dihubungi Beritahati.com, di Jalan Sunter, Jakarta Utara.


Selanjutnya, sangat penting bagi pengemudi memastikan tekanan angin ban.


“Harus dipastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar sehingga pengendalian kendaraan dapat optimal terutama saat mobil dikemudikan dalam kecepatan tinggi,” ujarnya.


Selanjutnya, kondisi oli mesin, air pendinginan kondisi rem, dan kopling juga mesti diperhatikan. Selain itu, perlu pula menyediakan ban cadangan yang siap pakai.


“Sebab bukan tidak mungkin ban terkena benda tajam atau hal lain yang dapat mengurangi tekanan udara di dalamnya,” katanya.


Iwan juga mengingatkan, dalam kondisi macet, kendaraan berpotensi mengalami panas berlebih. Bila itu terjadi, kata dia, pemudik bisa memanfaatkan air mineral untuk mendinginkan mesin.


“Dan yang terpenting adalah melakukan perawatan, karena dengan melakukan perawatan berkala maka mobil Anda akan diperiksa secara menyeluruh apakah ada kerusakan atau tidak,” imbuhnya.


“Kemudian untuk pengemudi juga harus diperhatikan kesehatannya. Bila mengantuk sebaiknya istirahat dulu di tempat yang aman atau bergantian dengan anggota keluarga atau rekan yang ikut mudik dan sudah punya SIM,” pungkasnya.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top