Sering Telat Sahur Gara-gara Insomnia? Mungkin Faktor Genetik

Sering Telat Sahur Gara-gara Insomnia? Mungkin Faktor Genetik

Penulis: Ipul

Beritahati.com, Jakarta - Insomnia bisa menjadi masalah besar di bulan puasa seperti ini. Gagal tidur lebih awal berisiko bangun kesiangan, sehingga tidak sempat memasak atau bahkan tidak punya waktu sama sekali untuk makan sahur.


Banyak faktor yang bisa memicu insomnia atau susah tidur. Mulai dari stres hingga kebiasaan minum kopi, atau bahkan pola tidur yang memang sudah kacau karena kesibukan sehari-hari.


Baru-baru ini, para ilmuwan mengungkap satu penyebab insomnia yang selama ini jarang diperhitungkan. Para ilmuwan dari Vrije Universiteit Amsterdam menuding faktor genetik turut berperan dalam masalah tidur yang banyak dialami kaum urban tersebut.


"Insomnia terlalu sering terabaikan oleh ungkapan 'all in your head'," kata salah seorang peneliti, Eus Van Someren, dikutip dari Sciencealert.


"Temuan kami membawa perspektif baru. Insomnia juga ada dalam gen," lanjutnya


Van Someren dan timnya mengungkap sedikitnya ada 7 gen yang berhubungan dengan risiko insomnia. ketujuh gen tersebut memicu berbagai kondisi kronis seperti anksietas atau kegelisahan, depresi, neurotisisme, dan perasaan kurang sehat.


Orang-orang dengan ketujuh gen tersebut, menurut penelitian ini cenderung lebih rentan mengalami insomnia dibanding kelompok lain yang tidak memilikinya.


Kesimpulan ini ditarik dari hasil pengamatan terhadap 113.006 individu dengan pendekatan genome-wide association study (GWAS). Teknik ini memindai data genetika dalam jumlah besar secara bersamaan untuk mengidentifikasi pola yang bisa berhubungan dengan sifat tertentu.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top