114 
8 Hal Luar Biasa yang Terjadi Saat Berciuman

8 Hal Luar Biasa yang Terjadi Saat Berciuman

Penulis: Ipul

Beritahati.com, Jakarta - Anda mungkin masih ingat pengalaman canggung saat berciuman, misalnya saling berbenturan gigi atau kepala kita salah arah. Momen itu mungkin menjadi pengalaman yang sangat tidak seksi. Tapi, saat saat mencium seseorang pertama kali tubuh kita ikut bereaksi, maka pasti ada ikatan, terutama pada air liur kita.


Untuk itu ada sebuah studi khusus terkait hal tersebut--philematology, atau yang biasa dikenal sebagai ilmu berciuman. Menurut studi dalam philematology, ada hal luar biasa yang terjadi pada tubuh kita ketika berciuman pertama kali.


1. Air liur
Ada beberapa teori menarik soal air liur dan perannya saat berciuman. Salah satunya menyatakan ciuman basah merupakan cara tubuh kita menilai apakah seseorang yang kita cium adalah calon pasangan yang tepat.


Berdasarkan studi Universitas Oxford, susunan senyawa dalam air liur membantu tubuh kita menentukan seseorang yang kita ajak bertukar air liur itu dapat memberikan keturunan pada kita.


Pernyataan lain adalah pria lebih memilih berciuman hingga basah atau lebih banyak air liur.Menurut Helen Fisher dari Universitas Rutger di New Jersey Amerika Serikat, air liur pria mengandung lebih banyak hormon testosteron. Hasilnya, ketika mereka berciuman secara tidak sadar mereka mengumpan air liur untuk mengaktifkan bagian otak wanita untuk memicu libido.


2. Melepaskan hormon cinta
Ketika kita melakukan aktivitas seksual, tubuh melepaskan oksitosin dari kelenjar pituatari. Hal ini membuat kita merasa lebih terangsang dan bisa membantu menghasilkan ikatan dan kepercayaan yang lebih dekat dengan pasangan ciuman kita. Berciuman juga mengirimkan kadar okstosin sehingga membuat keintiman lebih kuat.


3. Menurunkan kolesterol
Ternyata, berciuman memberikan dampak positif pada kadar lemak darah, termasuk kolesterol. Menurut riset dari Western Journal of Communication, ciuman romantis bisa memurunkan kolesterol dan meningkatkan kepuasan hubungan bagi pasangan.


4. Menghilangkan stres
Bertemu dengan orang terkasih, berpelukan dan memberi ciuman mesra bukan hanya sekadar ungkapan cinta, tapi juga dapat menurunkan rasa stres. Salah satu studi melaporkan, berciuman selama 15 menit mengurangi tingkat hormon kortisol alias hormon stres. Responden laki-laki juga mengalami peningkatan oksitosin, sementara perempuan mengalami penurunan.


5. Bakar kalori
Ciuman yang bergairah disebutkan membakar 6,4 kalori per menit. Ini artinya berciuman selama 30 menit sama saja membakar kalori setara dengan berjalan selama 25 menit atau berenang selama 30 menit.


6. Mengencangkan otot wajah
Berciuman bisa membuat Anda lebih awet muda. Setidaknya kita menggunakan 30 otot di wajah saat berciuman, tapi ini tergantung gaya Anda. Berulang kali mengunci dan membuka bibir bisa membuat otot wajah lebih kencang.


7. Membuat lebar pupil
Ini alasan kenapa kita cenderung menutup mata saat berciuman.


8. Melepaskan feromon
Teori ini mungkin lebih tepat untuk hewan, tapi feromon akan dilepaskan saat kita mulai berciuman. Feromon merupakan sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seksual. Pasangan kita bisa merasakannya dengan hidung dan mulut mereka, dan ini membantu mereka untuk mendeteksi apakah Anda terangsang atau tidak.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top