54 
Kelenjar payudara dan kanker

Kelenjar payudara dan kanker

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Berdasarkan area yang mengalami keganasan, kanker payudara dibedakan menjadi dua jenis: ductal carcinoma, di mana keganasan terjadi pada saluran kelenjar, dan lobular carcinoma, di mana keganasan terjadi di dalam lobulus.


Berdasarkan penyebarannya, kanker payudara dapat bersifat in situ ataupun invasif. Disebut in situ jika kanker tetap berada di area asal, dan bersifat invasif jika sel kanker telah menyebar ke area lain.


Di antara semua jenis tersebut, ductal carcinoma in situ (DCIS) adalah jenis yang paling sering terjadi, dan merupakan bentuk paling awal dari kanker payudara yang biasanya ditemukan saat pemeriksaan skrining.


DCIS relatif tidak membahayakan nyawa bila ditangani sejak dini, namun apabila didiamkan dapat berkembang menjadi invasif. Meskipun pada beberapa pasien, kondisi ini dapat didahului gejala seperti keluarnya darah dari puting atau adanya benjolan payudara, DCIS seringkali tidak menimbulkan gejala apa pun sehingga biasanya tidak terdiagnosis secara dini.


DCIS juga dikenal sebagai kanker payudara stadium 0. Umumnya, wanita yang mendapat perawatan pada stadium ini dapat sembuh dari kanker. Operasi dan radiasi dapat menjadi pilihan terapi pada tahap ini. Operasi pengangkatan kelenjar payudara atau mastektomi, disarankan pada penderita dengan riwayat kanker payudara dalam keluarga, tidak dapat menoleransi terapi radiasi, memiliki faktor genetik tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara, pasien dengan area DCIS yang luas atau jika DCIS terjadi di beberapa area.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top