Jajanan pasar berbahan Rhodamin B dan Formalin ditemukan di Pasar Grogol

Jajanan pasar berbahan Rhodamin B dan Formalin ditemukan di Pasar Grogol

Reporter : Andrew Tito

Beritahati.com, Jakarta - Kepolisian Polres Metro Jakarta Barat bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta melakukan pengecekan terhadap sejumlah makanan jajanan pasar di Pasar Grogol, Jakarta Barat. Hasilnya, empat makanan mengandung bahan kimia.


Wakil Satuan Reserse Narkotika Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Slamet mengatakan dari sidak gabungan tersebut, petugas menemukan 34 sampel makanan yang mengandung bahan bahan berbahaya.



"34 sampel makanan yang diperiksa, hasilnya empat yang makanan mengandung barang berbahaya. Tiga makanan mengandung pewarna tekstil Rhodamin B, satu makanan mengandung formalin," ujar Slamet kepada Beritahati.com di lokasi, Senin (19/6).


Makanan yang mengandung Rhodamin B adalah kue mangkok, Pacar Cina basah, dan Pacar Cina kering. Sedangkan tahu baso merek Unyil mengandung formalin.



"Kita akan tindak lanjut, karena mereka hanya menjual. Kita akan kembangkan barang tersebut berasal dari mana," ucap Slamet.


Slamet mengatakan, tujuan operasi agar masyarakat mendapat makanan berkualitas menjelang lebaran. Operasi ini akan dilakukan di beberapa tempat lainnya.



"Agar masyarakat menjalankan ibadah puasa dan lebaran dengan rasa aman. Karena, makanan mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh," pungkas Slamet.



(Editor : Cahyo)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top