3585 
Pertamina bungkam, FBTPI nyatakan AMT tetap mogok nasional

Pertamina bungkam, FBTPI nyatakan AMT tetap mogok nasional

Reporter : Dara

Beritahati.com, Jakarta - Meski mogok massal para Awak Muatan Tangki (AMT) PT Pertamina Patra Niaga, anak perusahaan PT Pertamina (persero) pada Senin (19/6), tidak mendapat respon dari perusahaan, namun 422 orang AMT yang kena PHK beserta karyawan lain yang masih aktif tetap akan beraksi.


Ketua umum Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), Ilhamsyah menegaskan pihaknya memang geram dengan arogansi perusahaan, padahal Sudin Tenaga Kerja Jakarta Utara telah mengeluarkan surat yang isinya terdapat 20 pelanggaran undang-undang ketenagakerjaan yang telah dilakukan perusahaan.


"Ada beberapa cabang di daerah yang melakukan negosiasi dengan demonstran, akan tetapi keputusan tetap harus diambil oleh kantor pusat di Jakarta," sebutnya kepada Beritahati.com, Senin (19/6).



Di lain bagian, dalam rilisnya hari ini, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melayangkan kecaman terhadap PT. Pertamina Patra Niaga dan PT. Elnusa Petrofil karena terus melanggengkan sistem kerja kontrak atau outsourcing.


"KSPI mendukung penuh pemogokan nasional depo pertamina patra niaga," kata Said Iqbal, Presiden KSPI.



Sementara itu, dua depo dari sekitar 12 depo yang ikut mogok nasional yakni Lampung dan Banyuwangi juga mengirimkan update serupa rekan-rekannya di depo Plumpang, Jakarta utara, bahwa tidak ada perhatian sama sekali terhadap aksi mereka. Untuk Lampung sempat ada dialog, namun ketika mengerucut pada pemgambilan keputusan memang tetap harus lewat kantor pusat Jakarta.


"Jika begini caranya, kami akan terus melakukan aksi sampai kantor pusat mengambil keputusan," sambung Ilhamsyah, Ketua umum FBTPI.


(Editor : Cahyo)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top