Diskon di hari belanja diskon Nasional, berikut tipsnya

Diskon di hari belanja diskon Nasional, berikut tipsnya

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Perayaan ulang tahun Kemerdekaan RI ke 72 dimeriahkan dengan gelaran Hari Belanja Diskon Nasional (HBDI) yang berlangsung dari tanggal 17-20 Agustus 2017. Gelaran yang digagas oleh Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) ini akan berlangsung di seluruh ritel modern di Indonesia.


Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyampaikan antusiasmenya atas gelaran HBDI 2017. Ia berharap ini menjadi momentum bagi produk-produk lokal untuk sejajar dengan produk internasional.

Data BPS 2017 menunjukkan sektor konsumsi rumah tangga pada kuartal pertama 2017 tumbuh 4,9 persen lebih rendah dibandingkan kuartal pertama 2016 yang tumbuh 4,9 persen. Namun, Enggar meyakini bahwa penurunan tren konsumsi tersebut tidak merefleksikan penurunan tingkat daya beli masyarakat karena kemampuan masyarakat untuk menabung meningkat. “Artinya, kemampuan daya beli mereka sebenarnya meningkat,” ungkap Enggar.

Sebanyak 300 merek lokal dan 200 merek internasional aan memeriahkan HBDI. Merek lokal yang ikut memeriahkan antara lain Hammer, Buccheri, Ramayana, Sarinah, Executive, Alun-alun Indonesia, dan Mustika Ratu. Di bidang kuliner ada Jco dan Hokben. Selain itu, toko buku terbesar Gramedia juga turut memeriahkan HBDI. HBDI ditargetkan dapat menarik sebanyak 20 juta konsumen.

Tertarik untuk berburu diskon di HBDI? Berikut ini tip untuk mendapatkan barang terbaik dengan harga terbaik dan tetap sesuai bujet biar kantong tetap aman.


1. Cek Harga
Cek terlebih dahulu harga barang yang sedang menjadi incaran Anda. Cari juga informasi tentang barang apa saja yang sedang sale dan lokasi mal yang menjual barang tersebut. Dengan mengetahui harga awal barang, Anda bisa membandingkan harganya setelah diskon.


2. Buat Daftar
Melihat barang diskon akan sangat menggoda. Sebelum Anda terjerat godaannya, coba buat barang-barang apa saja yang menjadi kebutuhan. Cek lagi koleksi fashion yang Anda miliki dalam lemari, jangan sampai Anda membeli barang yang ternyata telah Anda miliki hanya karena diskon besar-besaran.


Jika memiliki bujet lebih dan ada barang branded yang jadi incaran, tidak ada salahnya untuk memasukan barang tersebut dalam daftar Anda. Siapa tahu diskon!

3. Mari Berhitung
Lalu, cek bujet yang Anda miliki. Dari sini Anda bisa mengatur pengeluaran. Jangan sampai, lantaran tergiur diskon besar-besaran, Anda justru terjerat hutang kartu kredit. Cari tahu juga promo lain yang ditawarkan oleh kartu kredit yang Anda miliki, siapa tahu Anda bisa dapat tambahan diskon.


4. Ajak teman
Berbelanja sendiri terasa kurang menyenangkan. Tidak ada salahnya mengajak teman dan membuat hari belanja seru! Biasanya, teman akan menjadi pemberi saran yang baik saat kita dilema memutuskan akan membeli barang yang mana. Selain, bisa bergantian mengantri saat ke kasir.


5. Perhatikan Kenyamanan dan Keamanan
Saat berbelanja biasanya kita lupa dengan kondisi sekitar, padahal dalam situasi ini toko atau mal sudah pasti ramai pengunjung. Perhatikan barang-barang yang Anda bawa seperti dompet dan gadget. Sebaiknya pilih tas dan pakaian yang aman dan nyaman.


6. Pilih Model Long Lasting
Umumnya saat sale, toko akan mengeluarkan barang-barang cuci gudang alias stok musim sebelumnya. Siasati dengan memilih barang model klasik yang long lasting. Tapi kalau barang idaman selama ini ada di depan mata, jangan ragu untuk membelinya.


7. Cek Kondisi Barang
Umumnya barang sale tidak dapat ditukar, jadi sebelum benar-benar membayarnya, pastikan dulu Anda sudah mengecek kondisi barang yang akan dibeli. Jangan sampai menyesal di kemudian hari

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top