Ini dia tanda-tanda diabetes

Ini dia tanda-tanda diabetes

Penulis: Ipul

Beritahati.com, Jakarta - Sebelum terlambat Anda terkena penyakit diabetes, lakukan deteksi sejak dini. Berikut ini ciri-ciri diabetes yang perlu Anda tahu.


Banyak orang terlambat mengetahui kalau dirinya mengidap diabetes karena tidak mengenali apa saja gejala penyakit gula ini. Padahal, semakin cepat Anda mendeteksinya, semakin besar pula peluang Anda untuk mengendalikan gejalanya. Langsung simak ciri-ciri diabetes berikut ini, yuk. Apa saja ciri-ciri diabetes yang harus diwaspadai? Berikut adalah sepuluh ciri diabetes yang paling sering dikeluhkan pasien. Perhatikan kalau Anda, pasangan, orangtua, atau keluarga dekat lainnya mengalami gejala-gejala ini dan segera periksakan ke dokter.


1. Beser
Sering beser atau selalu ingin buang air kecil bisa jadi ciri-ciri diabetes. Apalagi kalau Anda sering sampai terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Ini terjadi karena ginjal Anda berusaha untuk membuang kelebihan gula darah (glukosa) dari tubuh. Jadi, hati-hati kalau Anda buang air kecil lebih dari tujuh kali sehari.


2. Gampang haus
Karena jadi lebih sering buang air kecil, biasanya orang dengan diabetes gampang haus meskipun sudah cukup minum. Tubuh Anda jadi membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang lewat urin.


3. Cepat lapar
Di dalam tubuh, makanan diubah menjadi glukosa. Glukosa akan digunakan sebagai sumber energi bagi setiap sel, jaringan, dan organ tubuh Anda. Nah, hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini. Kalau tubuh Anda gagal memproduksi insulin atau tidak merespon hormon insulin dengan baik, kebutuhan energi Anda pun tidak akan terpenuhi meskipun Anda sudah makan. Akibatnya, Anda merasa lapar lagi karena tubuh Anda merasa belum mendapatkan sumber glukosa.


4. Berat badan turun
Tidak sedang diet tapi berat badan turun terus? Bisa jadi ciri-ciri diabetes. Ini bisa terjadi karena ginjal membuang banyak kalori dari kadar gula yang sudah berlebihan dalam tubuh. Selain itu, karena hormon insulin tidak bekerja dengan baik, tubuh pun mulai mengambil sumber energi lain, misalnya dari protein.


5. Bibir dan kulit kering
Bibir dan kulit Anda mungkin terasa sangat kering sampai gatal, bersisik, atau pecah-pecah. Ini disebabkan oleh tubuh Anda yang kehilangan banyak cairan lewat urin. Kulit dan bibir pun jadi kehilangan kelembapan alaminya.


6. Luka yang lama sembuhnya
Infeksi, bekas gigitan serangga, memar, atau luka di kulit yang tak kunjung sembuh bisa jadi salah satu gejala diabetes. Masalahnya, pembuluh darah Anda bisa rusak karena tingginya kadar gula dalam darah. Pembuluh darah bertugas untuk mengangkut darah. Darah sendiri dibutuhkan guna menyembuhkan luka di kulit.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top