Nah loe! uang saracen mengalir ke wartawan

Nah loe! uang saracen mengalir ke wartawan

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Ternyata tidak hanya Saracen yang sering menyebar hoax dan ujaran kebencian berisi SARA, namun juga diketahui kelompok lain yang mirip dengan Saracen. Caranya dengan menyebarkan isu di media sosial dengan berbagai jaringan kemudian isu tersebut dibuat viral.


Saracen sendiri memiliki 800 ribu akun yang terafiliasi, bahkan isu tersebut kemudian dimainkan oleh wartawan. Kabag Mitra Div Humas Polri, Kombes Awi Setiyono menyebut uang dari Saracen juga mengalir ke wartawan.


"Info dari Kasubdit I sih Rp 72 juta perpaket. Pembuatan websitenya perbulan Rp 15 juta. Kemudian untuk buzzer-nya 15 orang Rp 45 juta, terus Si Jas sendiri minta bayar Rp 10 juta, dan lainnya sisanya untuk wartawan," kata Awi di mabes Polri, Jumat (25/8).


Namun, data tersebut harus diklarifikasi lagi."Ini perlu diklarifikasi," lanjutnya.


Jasriadi sendiri memiliki situs saracennews.com, melalui situs itulah Jas membuat berita untuk disebarluaskan. Sedangkan untuk wartawan yang merasa dicatut oleh Saracen diminta Awi untuk melapor ke polisi.


"Silakan kalau memang ada rekan-rekan yang namanya dicatut, silakan lapor ke polisi. Sejauh ini belum ada yang lapor. Tapi kalau dari jejak digital forensik, para tersangka untuk mengelabui menggunakan identitas palsu," terang Awi.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top