Sri Mulyani berharap, kenaikan dana parpol digunakan sebaik-baiknya

Sri Mulyani berharap, kenaikan dana parpol digunakan sebaik-baiknya
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 5/2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik (parpol), negara harus membantu kegiatan parpol dengan mengucurkan dana setiap tahunnya. Besaran yang diatur adalah Rp 108 per suara sah. Namun belakangan, dengan adanya desakan dari seluruh parpol serta pertimbangan lainnya, pemerintah menaikkan bantuan tersebut.


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat mengeluarkan kajian bahwa jika akan mengalami kenaikan, angka untuk dana parpol bisa Rp 1.071 per suara. Dan menjadi acuan baginya untuk mengakomodir permintaan kenaikan dana parpol.


Akhirnya, berdasarkan Surat Menteri Keuangan kepada Menteri Dalam Negeri Nomor 277/MK 02/2017 tertanggal 29 Maret 2017, telah mempertimbangkan dan menetapkan besaran dana parpol Rp 1.000 per suara sah. Penambahan anggaran tersebut nantinya akan dimasukkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.


Dengan demikian, Sri Mulyani berharap partai politik dapat mengoptimalkan perannya, yaitu bersama dengan pemerintah mensukseskan tujuan nasional melalui instrumen APBN.


" Peran parpol dalam upaya mencapai tujuan nasional tersebut di antaranya dengan menampung aspirasi rakyat, menjunjung akuntabilitas publik, hingga pengawasan pelaksanaan dalam good governance dan effective government. Jadi pembiayaan yang ideal sesuai tugas dan peran," papar Menkeu Sri Mulyani dalam Workshop Nasional Perempuan Legislatif, Eksekutif, dan Perempuan Partai Golkar, di Jakarta, Minggu (27/8).


Menurut Sri, kenaikan dana parpol tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mendukung peran partai politik dalam setiap aktivitas dan tugasnya.


" Namun begitu, besaran bantuan akan terus kami evaluasi setiap tahunnya," pungkasnya.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top