Beritahati.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengatakan para atlet peraih medali emas di SEA Games 2017 akan dipromosikan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk menindaklanjuti hal tersebut, ia telah menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur.


Imam pun mengucapkan terima kasih kepada atas terobosan bagi masa depan atlet tersebut. "Hal ini bentuk kesungguhan Pemerintah terhadap masa depan atlet dan tentu atlet tersebut harus memenuhi kualifikasi dan peraturan yang sudah baku di Kemenpan RB, baik dari sisi pendidikan, umur dan sebagainya," kata Imam, di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (5/9).


Kemudahan untuk menjadi PNS merupakan salah satu bonus yang sudah disiapkan karena bonus untuk SEA Games 2017 tidak hanya berupa uang tunai.


"Tentunya ini merupakan terobosan baru yang disiapkan pemerintah kepada para atlet. Berapa banyaknya atlet yang akan dipromosikan menjadi PNS tentu akan diverifikasi lebih lanjut sesuai dengan peraihan medali di SEA Games 2017," tambahnya.


Sementara itu, Asman mengatakan pihaknya bersama Kemenpora telah merancang suatu terobosan untuk para atlet yang berprestasi khususnya di SEA Games 2017, yang diberi nama Formasi Khusus.


Asman berharap dengan adanya kemudahan tersebut, para atlet berprestasi merasa lebih diapresiasi oleh negara. Terlebih lagi, selama ini mereka harus rela menghabiskan waktunya untuk berlatih dan bahkan sempat jauh dengan sanak keluarganya.


"Dengan demikian, kalau mereka sudah tidak jadi atlet maka mereka bisa bekerja sesuai dengan keahliannya," kata Asman.


"Kita berharap para atlet ini yang sudah mengorbankan kehidupannya baik itu jauh dari keluarganya maupun yang lain paling tidak masa depannya terjamin dengan jadi PNS ini. Yang jelas tahun ini para atlet bisa jadi PNS. Berkaitan dengan jabatan masih kita rumuskan," tambahnya.