Trump akan gunakan kekuatan militer untuk bungkam Pyongyang ?

Trump akan gunakan kekuatan militer untuk bungkam Pyongyang ?

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberi sinyal penggunaan kekuatan militer dalam menangani masalah Korea Utara. Hal ini tersirat dalam pernyataannya bahwa upaya diplomatik dengan Korea Utara telah gagal dan menambahkan perkataan " hanya satu hal yang akan berhasil."


" Para presiden dan pemerintah mereka telah berbicara dengan Korea Utara selama 25 tahun, kesepakatan-kesepakatan sudah dibuat dan sejumlah besar uang dibayar," cuit Trump, yang terlibat perang mulut sengit dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.


Menurut Trump, cara itu tidak berhasil, kesepakatan-kesepakatan dilanggar sebelum tintanya kering, membuat para perunding AS terlihat bodoh. Maaf, tapi hanya satu hal yang akan berhasil !


Walau Trump tidak menjelaskan apa yang dia rujuk dengan perkataannya, akan tetapi AS belum mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk memaksa Pyongyang menghentikan uji coba rudal dan nuklir. Bahkan Trump mengancam akan "menghancurkan sepenuhnya" negara itu.


Presiden AS itu juga mengatakan kepada para jurnalis setempat dalam pertemuan dengan para pemimpin militer yang membahas masalah Iran, Korea Utara dan kelompok ISIS, bahwa ini " bisa jadi masa tenang sebelum badai " namun menolak mengklarifikasi pernyataannya.


Seperti dilansir kantor berita AFP, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson baru kembali setelah bertemu dengan para pejabat tinggi China, namun Trump mengatakannya sebagai kegiatan " membuang-buang waktu " jika kunjungan ke sana untuk membujuk Korea Utara berunding.


Hal itu disampaikan Trump setelah Tillerson mengungkap jalur-jalur komunikasi belakang antara para pejabat AS dan Korea Utara.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top