Paskhas BKO di 5 bandara pedalaman Papua, Freeport memanas ?

Paskhas BKO di 5 bandara pedalaman Papua, Freeport memanas ?

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Menjaga stabilitas pulau terpencil maupun terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dilakukan. Apalagi menjelang tahun politik 2018-2019, karena siapapun tidak dapat menduga apa yang akan terjadi di masa mendatang.


Apalagi Kapolri baru-baru ini sudah mengeluarkan pernyataan bahwa Papua dan Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah rawan konflik menjelang tahun politik.


Komandan Wing II Pasukan Khas TNI AU (Pasukan elit TNI AU), Kolonel Ari Ismanto mengungkapkan, 100 personel Batalion Komando 468 Sarotama yang berpangkalan di Biak diterjunkan untuk menjaga lima lapangan terbang terpencil di pedalaman Papua. Mereka menjadi BKO (Bantuan Kendali Operasi) di bawah komando Kodam XVII/Cendrawasih.


" Saya harap prajurit Paskhas Yonko 468 Sarotama Biak yang mendapat penugasan pengamanan daerah rawan untuk melaksanakan tugas sesuai standar operasional prosedur atau SOP sebagai pasukan BKO," tandas Ari Ismanto.


Belum ada pernyataan resmi pihak TNI mengapa tiba-tiba menerjunkan pasukan elit menjaga bandara di pedalaman Papua, akan tetapi ambil positif saja bahwa apapun bisa terjadi di daerah terpencil jika tidak diwaspadai sejak dini.


Apakah ini ada kaitannya juga dengan tidak setujunya Freeport atas draft 51 persen saham untuk pemerintah Indonesia, belum tahu juga apakah semua pihak sudah sampai ke sana.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top