Sri Mulyani dan Tito Karnavian masuk cawapres 2019 pilihan masyarakat

Sri Mulyani dan Tito Karnavian masuk cawapres 2019 pilihan masyarakat

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Nampaknya masyarakat mulai mendampatkan gambaran secara jelas mengenai siapa tokoh pilihan mereka untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam pesta politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei pada 17-24 September 2017 dengan metode multistage random sampling yang melibatkan responden sebanyak 1220 orang. Margin error survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara terlatih.

Menurut peneliti Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, pihaknya memberikan pertanyaan siapa yang paling pantas menjadi Wapres Jokowi pada pilpres 2019 mendatang. Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mendapatkan 16 persen suara responden, Gatot Nurmantyo (10 %), Ridwan Kamil (8%), Sri Mulyani Indrawati (7%), Tri Rismaharini (5%), Tito Karnavian (4%), dan Mahfud MD (3%).

Namun, ketika dikecurutkan menjadi 8 nama bakal cawapres, dukungan terhadap Ahok relatif tidak bertambah. Dari delapan nama itu adalah Ahok (17%), Gatot Nurmantyo (14%), Ridwan Kamil (11%), Sri Mulyani (9%), Tri Rismaharini (8%), Tito Karnavian (6%), Puan Maharani (2%), dan Luhut Binsar Panjaitan (1%). Angka yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab juga masih tinggi, yakni 32 persen.

Selanjutnya, Indikator politik Indonesia mengerucutkan tiga nama untuk bakal wapres Jokowi 2019. Yang menarik, 39 persen responden belum menentukan pilihannya. 25 Persen responden memilih Gatot Numantyo, 24 persen memilih Sri Mulyani Indrawati, dan 12 persen memilih Tito Karnavian. 

" Mereka lebih diunggulkan sebagai tokoh yang paling pantas mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden 2019 mendatang," kata Muhtadi saat mempublikasikan hasil survei di kantornya, Jalan Cikini V, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top