Rujak khas Indonesia yang menyegarkan dan bikin ngiler

Rujak khas Indonesia yang menyegarkan dan bikin ngiler

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Indonesia ragam akan budaya, bahasa, dan tentunya yang tak boleh kelewatan, kuliner. Dari berbagai macam kuliner dari ujung barat hingga timur Indonesia, makanan satu ini pasti disukai orang , deh.


Iya, rujak namanya. Sayangnya walaupun di Indonesia ada berbagai macam jenis kuliner, rujak yang terkenal hanyalah rujak buah dan rujak cingur. Padahal ada banyak sekali jenis rujak di Indonesia yang menunggu untuk kamu cicipi. Nah, berikut deretan rujak khas Indonesia yang bikin ngiler;


 


1. Rujak Shanghai.



Jakarta punya rujak namanya Rujak Shanghai. Sekilas mungkin mirip seperti asinan, namun rujak Shanghai menggunakan lobak, cumi bahkan ubur-ubur sebagai bahannya lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya. Sedaaap.


2. Rujak juhi.



Kalau rujak Shanghai menggunakan cumi atau ubur-ubur, maka rujak juhi menggunakan daging kepiting bakar atau asap. Disajikan bersama-sama dengan irisan timun, kol, kentang dan mie kuning, rujak ini tentu beda abis dengan rujak-rujak lain.


3. Rujak mi.



Rujak mi atau dikenal juga dengan nama rujak mi Palembang ini berbahan dasar campuran mi kuning, tahu, tauge, irisan timun, yang disajikan dengan kuah cuko yang sedapnya jempolan.


5. Rujak gobet.



Rujak berbahan dasar buah mangga ini juga cukup mudah dibuat. Kamu cukup serut mangganya, bisa ditambah serutan kedondong atau mentimun, lalu di campur dengan gula aren dan asam jawa.


 


Luar biasa kan, Indonesia kita ini? Punya berbagai macam jenis rujak yang bakalan sayaaang banget untuk nggak dicoba. Mana yang belum kamu coba?


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top