Dilantik Presiden, Anies-Sandi resmi jadi Gubernur-Wagub Jakarta

Dilantik Presiden, Anies-Sandi resmi jadi Gubernur-Wagub Jakarta

Penulis: Cahyo

Beritahati.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno (Anies-Sandi) sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin petang (16/10).


Anies dan Sandi, tiba di ruangan Istana Negara pada sekitar pukul 15.55 WIB sebelum Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.


Presiden mengenakan pakaian jas hitam, kemeja putih dan dasi berwarna merah saat prosesi pelantikan Gubernur dan Wagub DKI Jakarta itu.


Sementara itu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih lengkap dengan tanda kepangkatan dan topi.


Prosesi pelantikan Anies-Sandi dimulai pada pukul 16.00 WIB. Prosesi pelantikan itu diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden tentang pelantikan kepada Anies-Sandi.


Surat dibacakan oleh Deputi Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.


"Keputusan Presiden RI Nomor 83 Tahun 2016," ujar Cecep.


"Terhitung sejak mengucapkan janji, mengesahkan, kesatu, Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022. Kedua, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022," kata dia.


Surat keputusan presiden tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2017.


Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan dan Anies-Sandi mengikutinya.


"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya," ujar Anies mengikuti ucapan Jokowi.


Rohaniwan tampak memegang Al Quran di atas kepala Anies dan Sandi.


Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan acara penandatanganan berita acara pelantikan oleh Anies dan Sandi disaksikan Presiden Jokowi.


Pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi serta seluruh tamu undangan yang hadir pun menandai berakhirnya prosesi pelantikan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur baru DKI Jakarta.


 


 


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top