Beritahati.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan Indonesia siap membuat kapal selam sendiri pada 2018. Hal itu merupakan salah satu pencapaian yang diinginkannya selama hampir tiga tahun menjabat Menteri Pertahanan RI.


Selain kapal selam, Ryamizard juga mengatakan, selama masa jabatannya, Kementerian Pertahanan sudah banyak menghadirkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru bagi pertahanan Indonesia, seperti pesawat tempur Sukhoi dan kapal selam Nagapasa.


" Selain ada Sukhoi dan kapal selam, tank juga kita buat bersama Turki, banyak sekali," ujarnya selepas acara Malam Bahasa dan Budaya Internasional di Pusdiklat Badiklat Kementerian Pertahanan, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (18/10).


Seperti diketahui, pembuatan Kapal Selam Nagapasa meryupakan hasil kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan. Sedangkan Tank medium bernama 'Kaplan' adalah hasil kerja sama dengan pemerintah Turki.


Selain itu, jauh sebelum ini, Indonesia juga sudah bisa membuat kendaraan lapis baja lainnya, yakni APS-3 Anoa, atau dikenal luas dengan nama Panser Anoa.