4 posisi tidur ibu hamil, agar tidur nyenyak

4 posisi tidur ibu hamil, agar tidur nyenyak

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Ketika hamil, ibu mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun psikis. Kondisi ini membuat ibu sulit merasa nyaman, apalagi di trimester pertama. Semua sepertinya serba salah. Mulai dari morning sickness, punggung sakit, kram perut, rasa lelah berlebihan, dan lain sebagainya. Untuk itu, sangat penting bagi ibu agar tak hanya menjaga pola makan namun juga pola istirahat yang tepat.


Nah, posisi tidur saat hamil tidak semuanya nyaman untuk ibu. Lagi-lagi karena ada perubahan hormon sehingga muncul masalah yang membuat posisi tidur jadi terganggu. Agar ibu hamil bisa tidur dengan nyaman inilah 4 posisi tidur yang disarankan.


1. Tidur Miring
Posisi tidur miring ini baik untuk ibu yang hamil di trimester pertama. Ibu bisa tidur miring dengan membentuk huruf “S”. Posisi tidur ini bisa membuat tubuh jadi lebih rileks terutama jika tubuh sedang merasa kelelahan. Untuk kasur sebaiknya dipilih yang memiliki pegas lembut sehinga tubuh ibu tidak banyak bergerak saat tidur. Jadi badan pun tidak terasa lelah dan nyaman sepanjang malam.


2. Tidur Miring ke Kiri
Tidur miring dengan menghadap ke kiri sangat disarankan untuk ibu yang hamil di trimester pertama hingga ketiga. Ini karena posisi menghadap ke kiri dapat mendorong aliran darah dari pembuluh vena di jantung menjadi lebih baik. Selain itu, oksigen dan gizi yang disalurkan ke janin pun menjadi lebih lancar. Posisi ini juga yang paling nyaman bagi ibu yang hamil di trimester kedua. Pasalnya, ketika tidur dengan posisi miring ke kiri, janin yang sudah semakin berkembang jadi bisa bergerak bebas di dalam kandungan. Posisi tidur ke kiri juga sangat ideal bagi ibu hamil trimester ketiga. Punggung jadi tidak mudah lelah dan ukuran bayi yang semakin besar pun jadi lebih leluasa bergerak.


3. Dikelilingi Bantal
Ada saja yang membuat ibu tidak nyaman saat tidur. Apalagi di trimester pertama ibu cenderung “rewel” soal posisi tidurnya. Kalau begini, cara paling tepat adalah dengan menempatkan banyak bantal empuk di sekitar tubuh. Bantal tak hanya digunakan untuk menyangga kepala namun juga menyangga punggung dan kaki.


4. Bantuan Bantal Kaki
Memasuki trimester ketiga saat kandungan ibu semakin besar. Posisi tidur ibu akan semakin terasa tidak nyaman apabila tempat tidur tidak ditata denegan benar. Untuk itu gunakan trik sederhana dengan menempatkan bantal di antara kaki sehingga posisi lutut jadi lebih tinggi sedikit. Selain itu, manfaatkan juga bantal atau guling khusus ibu hamil yang bisa digunakan untuk menyangga punggung dan perut. Jadi ibu akan menjadi lebih nyaman tidur sepanjang malam.


Ibu hamil seringkali merasa kelelahan karena tidak cukup beristirahat. Posisi tidur yang benar dapat membantu ibu dan janin untuk beristirahat agar tetap sehat. Posisi tidur sangat berpengaruh pada ibu di trimester pertama dan ketiga, ini karena awal kehamilan ada perubahan hormon yang membuat tubuh tidak nyaman. Sedangkan bulan-bulan akhir kehamilan, besar kandungan mempengaruhi ibu untuk bisa bergerak lebih leluasa. Sedangkan pada trimeser kedua, posisi tidur menjadi lebih nyaman karena tubuh sudah beradaptasi dengan perubahan sehingga tidur di trimester kedua umumnya jadi lebih mudah,


Yang perlu diperhatikan ibu adalah sebaiknya tidak tidur dengan cara terlentang. Posisi tidur ini bisa memberikan dampak negatif bagi kandungan. Posisi tidur terlentang dapat mengurangi asupan oksigen dan gizi ke janin. Selain itu posisi tidur ini juga bisa menyebabkan punggung menjadi lelah.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top