Mengenal asuransi kesehatan dari pemerintah

Mengenal asuransi kesehatan dari pemerintah

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Berbagai macam asuransi kesehatan bisa menjadi pilihan. Sejak tahun 2014, pemerintah telah menyediakan layanan asuransi kesehatan untuk masyarakat Indonesia lewat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tujuan JKN yaitu untuk menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat dengan biaya yang terjangkau. Untuk warga yang tidak mampu atau miskin, pemerintah menanggung biaya JKN. Sehingga golongan tersebut tidak dibebani biaya iuran, namun masih tetap memperoleh manfaatnya.


Peserta yang sudah memiliki asuransi kesehatan JKN, dapat menikmati pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, pelayanan obat, tranfusi darah, tindakan medis non spesialistik baik operatif maupun non operatif, rawat inap, hingga pelayanan dokter forensik.


Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh JKN ini hanya bisa didapatkan di fasilitas kesehatan (puskesmas, klinik, dokter perorangan, atau rumah sakit) yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), selaku badan penyelenggara program JKN. Jadi, pasien harus memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang dikunjungi termasuk fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan badan yang menyelenggarakan program JKN agar pelayanan kesehatan yang didapat dapat dijamin oleh JKN.


Hal lain yang juga tak kalah penting adalah terkait sistem rujukan berjenjang yang telah diatur oleh JKN. Sebelum dirawat di rumah sakit misalnya, pasien haruslah mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari pihak Puskesmas, klinik, atau dokter perorangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut ke rumah sakit terdekat. Tanpa sebuah rujukan, pasien tidak diizinkan untuk berobat secara langsung ke rumah sakit atau klinik spesialis, kecuali dalam situasi yang darurat.


Selain itu, kekurangan dari asuransi kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah ini adalah ada beberapa pelayanan kesehatan yang memang tidak mendapatkan jaminan, seperti:


Pelayanan yang tidak mengikuti prosedur JKN
Pelayanan untuk mengatasi infertilitas atau memperoleh keturunan seperti impotensi.
General check up
Pengobatan alternatif seperti akupunktur
Pelayanan kesehatan yang bersifat estetika atau kosmetik
Pelayanan meratakan gigi atau ortodonti
Pelayanan kesehatan untuk gangguan kesehatan akibat ketergantungan obat atau alkohol
Gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri
Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top