Mencermati asuransi swasta

Mencermati asuransi swasta

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Meski telah terdaftar sebagai peserta asuransi kesehatan JKN, sebagian orang masih tetap memiliki asuransi kesehatan swasta. Yang perlu diperhatikan adalah iuran atau premi asuransi swasta umumnya lebih tinggi jika dibandingkan asuransi kesehatan dari pemerintah. Pastikan pula asuransi kesehatan swasta yang dipilih sesuai dengan penghasilan dan gaya hidup, agar Anda tidak kesulitan dalam membayar iuran.


Kelebihan asuransi swasta yaitu umumnya memiliki beragam manfaat fasilitas kesehatan. Jika pada asuransi kesehatan JKN terdapat aturan sistem rujukan berjenjang, maka pada asuransi kesehatan swasta umumnya bebas memilih rumah sakit atau dokter untuk pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Tentu saja, fasilitas dan layanan kesehatan yang diperoleh ini tetap berdasarkan premi yang telah disepakati dan dibayar.


Karena jumlah asuransi swasta di Indonesia terbilang beragam, Anda harus lebih jeli dalam memilih asuransi kesehatan swasta yang ada. Selain memastikan dana tersedia, ada baiknya membandingkan beberapa kebijakan asuransi kesehatan sebelum memutuskan. Informasi dapat diperoleh lewat layanan pelanggan (customer service) asuransi terkait, dan juga media forum atau blog di media online terkait pengalaman-pengalaman orang lain yang sudah menggunakan asuransi kesehatan tersebut.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top