Serem, bangunan kuno dunia ini dipercaya tak dibuat oleh manusia

Serem, bangunan kuno dunia ini dipercaya tak dibuat oleh manusia

Penulis: Fariana

Beritahati.com - Berbicara tentang bangunan kuno dunia, memang selalu menarik untuk disimak ya. Apalagi kalau sejarahnya belum terungkap dan menjadi misteri, tentu membuat semua orang akan berspekulasi sendiri.


Menurut penelitian genetik dan fosil, manusia ada di bumi sekitar 200.000 tahun yang lalu. Manusia sendiri terus mengalami evolusi saat membuat suatu objek dan struktur dari era Mesolitik dan Neolitik.


Ada beberapa contoh di mana permukiman dan peradaban manusia tidak meninggalkan petunjuk tentang penciptaan mereka. Belakangan ini, ahli geologi, arkeolog dan ilmuwan menemukan beberapa situs dan struktur yang berasal dari ribuan tahun yang lalu.


Dari sekian bangunan yang ditemukan, ternyata ada yang masih dipertanyakan tujuannya dibuat. Bahkan hingga kini, ada banyak orang yang percaya bangunan-bangunan kuno ini tak dibuat oleh manusia.


Penasaran bangunan apa saja?


1. Great Sphinx of Giza, Mesir.



Bangunan kuno berusia sekitar 2.000 tahun ini merupakan salah satu patung tertua dan terbesar di dunia. Bangunan yang masih menjadi bahan perdebatan besar siapa yang membangunnya, kapan dan mengapa ini memang lebih dikenal dengan sebutan Sphinx. Sphinx sendiri merupakan patung berupa makhluk mitos dengan tubuh seekor singa dan kepala manusia terbuat dari batu gamping.


Semua orang percaya bahwa patung misterius itu dibangun oleh orang Mesir kuno di Kerajaan Lama pada masa pemerintahan Firaun Khafre. Di Kerajaan Lama, tidak ada prasasti di manapun menggambarkan konstruksi atau tujuan awalnya. Nama asli patung itu pun sebenarnya tak diketahui dan tidak tahu persis siapa penciptanya. Ada banyak teori dan hipotesis mengenai alasan di balik konstruksi itu. Namun tetap saja, masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.


2. Monumen Yonaguni, Jepang.



Sebuah formasi batuan yang menarik di bawah laut, berlokasi di lepas pantai Yonaguni, Jepang membuat banyak ilmuwan bingung. Formasi misterius yang diperkirakan sudah ada sejak 2.000-3.000 tahun ini terletak di bagian selatan Kepulauan Ryukyu dan dikenal sebagai Monumen Yonaguni. Masaaki Kimura, seorang profesor di Universitas Ryukyus mengklaim bahwa reruntuhannya adalah monolit buatan.


Situs ini sangat diperdebatkan dan misterius, apakah formasi itu natural ataukah buatan manusia. Satu hipotesis menunjukkan bahwa reruntuhan ini bisa jadi peninggalan Mu, sebuah peradaban yang hilang di Pasifik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa formasi aneh dalam bentuk hewan dan wajah di dalam area kecil tak mungkin dibuat oleh arus laut saja.


3. Bimini Road, Bahama.



Bimini Road merupakan formasi batuan misterius bawah laut lainnya yang berada di dekat Pulau Bimini Utara di Bahama. Menurut berbagai klaim, Bimini Road bisa jadi sisa dari jalan kuno, tembok atau beberapa fitur buatan manusia yang disengaja. Namun, bukti atau argumen ini masih dipertanyakan kredibilitasnya.


Formasi ini berbentuk persegi empat hingga seperti blok batu kapur sub-persegi panjang. Banyak ahli geologi dan arkeolog tidak dapat menjelaskan apakah formasi itu alami atau buatan manusia. Bahkan beberapa ilmuwan percaya kalau Bimini Road ini bagian dari Atlantis yang hilang.


4. Stonehenge, Inggris.



Menurut banyak orang, Stonehenge di Wiltshire, Inggris merupakan tempat paling misterius di dunia. Stonehenge merupakan monumen prasejarah yang diperkirakan telah berusia 5.000 tahun. Bangunan kuno ini merupakan ikon budaya Inggris dan landmark paling terkenal di Inggris. Situs dan sekitarnya berada dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1986.


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top