Aturan saat memotong kuku jari

Aturan saat memotong kuku jari

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Potong kuku tampaknya menjadi sebuah aktivitas yang mudah. Kendati demikian, bila Anda tidak melakukannya dengan tepat, bisa jadi tampilan kuku-kuku Anda menjadi bermasalah.


Karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat dalam memotong kuku. Berikut uraiannya seperti dilansir Men'sHealth, Jumat (10/11).


Meski terdengar boros, namun sebaiknya Anda memiliki dua pasang pemotong kuku, yakni untuk kuku tangan dan kuku kaki. Mengapa demikian?


Seorang ahli ortopedi dan pengobatan olahraga dari Pottstown, Pennysylvania, Christopher R.Hood, jenis pemotong kuku jari kaki berukuran lebih besar, lebar, dan tebal, dibandingkan ukuran pemotong kuku untuk tangan.


"Perbedaannya memungkinkan Anda membuat hasil tampilan kuku yang lebih halus," ujar Christopher.


Selain itu, memiliki pembeda alat khusus tersebut juga menjadi perlindungan. "Ini bisa mencegah penyebaran jamur atau bakteri dari kaki ke tangan, atau sebaliknya," terangnya.


Seberapa sering memotong kuku?


Kuku jari kaki tidak tumbuh secepat kuku jari tangan. Jadi, Anda tak perlu terlalu sering memotongnya.


Christopher menjelaskan bahwa pada umumnya, kuku di jari tangan tumbuh rata-rata 2-3 milimeter dalam sebulan. Sementara itu, kuku di jari kaki tumbuh 1-2 millimeter dalam sebulan.


"Rentang waktu yang tepat untuk memotong kuku jari kaki adalah 6-8 minggu," paparnya.


Ellie Nasser, podiatris dari The department of Orthopedics di Geisinger Health System, menjelaskan bahwa atlet, khususnya pelari, harus sering memotong kuku.


Tekanan karena kuku yang panjang di dalam sepatu saat latihan bisa menyebabkan pendarahan subungual (pendarahan di bawah kuku) yang menyakitkan.


"Pada akhirnya, peristiwa ini juga bisa menyebabkan kuku mengelupas," tambahnya.


Cara memotong kuku yang tepat


Dr. Jeffrey D.Lehrman dari Crozer Keystone Health System menjelaskan bahwa untuk kuku yang sangat tebal, lebih baik memotongnya setelah direndam atau setelah mandi air hangat.


Di sisi lain, kuku cenderung rapuh, mudah robek atau patah saat anda memotongnya dalam keadaan basah. Jadi bila kuku Anda tidak terlalu tebal, potonglah sebelum mandi. "Ini akan membuat potongannya lebih rapi dan halus," papar Christopher.


Mulailah dengan gunting kuku 1-2 milimeter dari kuku samping-titik awal sudut- sehingga Anda bisa menciptakan bagian tepi yang lurus dan bagus. Kemudian, Anda bisa memotong sisi lain dengan potongan sekunder.


Memotong kuku dengan lurus adalah cara terbaik untuk menangkal kuku kaki yang tumbuh ke dalam, kondisi menyakitkan di mana sisi kuku tumbuh ke kulit, menyebabkan iritasi, bengkak, atau bahkan infeksi.


"Jika Anda memotongnya dengan miring, ini akan berisiko mengubah pertumbuhan kuku di masa depan dan menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam," tutupnya.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top