Cara atasi nistagmus dengan tepat

Cara atasi nistagmus dengan tepat

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Penanganan nistagmus akan disesuaikan penyebabnya. Pada orang yang mengalami nistagmus sejak lahir atau karena faktor keturunan, dokter mungkin akan memberi rekomendasi penggunaan kacamata, lensa kontak, atau peningkatan cahaya di sekitar rumah. Umumnya dengan upaya ini, nistagmus diharapkan dapat berkurang dengan sendirinya tanpa pengobatan tambahan.


Namun pada kondisi yang lebih berat, dokter mungkin akan menyarankan operasi tenotomi untuk mengubah posisi otot yang mengendalikan gerak mata. Meski tidak dapat mengobati nistagmus secara utuh, namun tindakan ini dapat membantu penglihatan menjadi lebih baik.


Bagi penderita nistagmus akibat konsumsi obat-obatan tertentu, dokter akan menyarankan untuk menghentikan atau mengganti dengan obat lain. Jika nistagmus disebabkan konsumsi alkohol, maka dokter akan meminta agar konsumsi alkohol dihentikan. Dokter juga mungkin akan melakukan pemberian obat-obatan khusus untuk membantu mengatasi masalah penglihatan atau menangani penyebab yang mendasari terjadinya nistagmus.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top