Ini dia alasan mengapa pria sebaiknya jangan terlambat menikah?

Ini dia alasan mengapa pria sebaiknya jangan terlambat menikah?

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa ternyata pria pun memiliki batasan umur untuk menikah seperti halnya wanita? Bagi wanita, sebagian besar dokter menyarankan agar mereka tidak memiliki anak lagi bila mereka telah berusia lebih dari 35 tahun karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan anak dan ibunya.


Para pria pun ternyata memiliki permasalahan yang sama. Seorang pria yang baru menikah di usia 40 tahun atau lebih dan berencana untuk memiliki anak dianjurkan agar lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan keadaan sperma mereka tidaklah sesehat seperti saat mereka masih muda, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan anaknya nanti.


Seiring dengan semakin bertambahnya usia, seorang pria pun akan mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seperti halnya wanita. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, tetapi jumlah sperma yang diproduksi dan sistem transportasi sperma akan menurun seiring dengan semakin bertambahnya usia seorang pria.


Meningkatnya resiko terjadinya infeksi dan semakin banyaknya paparan racun akibat asap rokok seiring dengan semakin bertambahnya usia, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada DNA sperma seorang pria. Dan bila DNA sebuah sperma rusak hingga lebih dari 40%, maka resiko terjadinya keguguran setelah proses pembuahan terjadi pun akan meningkat.


Bila Anda merupakan seorang pria yang berusia lebih dari 40 tahun, maka resiko terjadinya keguguran pada istri Anda saat hamil akan meningkat hingga 8 kali lipat. Selain itu, anak-anak yang dilahirkan pun biasanya memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap autisme dan dwarfisme.


Jadi, jika Anda merupakan pria yang berusia 40 atau lebih dan ingin memiliki keturunan, sebaiknya jangan menunda lebih lama lagi.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top