Mantan Kapolri, Awaloedin Djamin resmikan Monumen Pahlawan Tamansari Padang

Mantan Kapolri, Awaloedin Djamin resmikan Monumen Pahlawan Tamansari Padang

Reporter : Alimin

Beritahati.com, Padang - Untuk mengenang jasa para pahlawan nasional yang berasal dari Minangkabau, pemerintah membangun Monumen Tamansari Pahlawan Nasional asal Minangkabau yang berada di Museum Adityawarman yang beralamat di jalan Taman Melati, Kota Padang.


Peresmian monumen Tamansari Pahlawan dilakukan oleh Jenderal Pol (purn) Awaloedin Djamin, setelah mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di kantor Gubernur Sumbar, Jumat (10/11). Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Forkopimda Sumbar dan tamu undangan lainnya.


Informasi yang diperoleh, pembangunan monumen yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, setelah adanya ide dari Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin yang juga merupakan putra asli Ranah Minang.


Sebelum peresmian, Mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pada tahun 1978 hingga 1982 tersebut mengatakan, tujuan didirikannya monumen ini untuk mengingatkan generasi muda bahwa banyak pahlawan nasional asal Minangkabau yang patut dicontoh semangat juang mereka dalam membangun bangsa ini.


“Generasi muda Sumatera Barat harus tahu dari 164 pahlawan nasional, ada 15 orang berasal dari Minangkabau. Ini harus dijadikan pelecut semangat bahwa orang Minang sudah sangat berperan dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Itu yang harus diteladani", kata Awaloedin Djamin, Padang, Jumat (10/11).


Nama-nama pahlawan nasional yang ada di monumen tersebut yakni; Muhammad Hatta, Abdoel Mois, Agus Salim, Tan Malaka, Sutan Syahril, Muhammad Yamin, Tuanku Imam Bonjol, Rasuna Said, Ilyas Yakub, Hazairin Harahab, Bagindo Aziz Chan, Adnan Kapau Gani, Abdoel Halim, Buya Hamka, dan Muhammad Natsir.

(Editor: Dadi)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top