Peluncuran e-BPKB, Layanan publik sekaligus pencegahan korupsi

Peluncuran e-BPKB, Layanan publik sekaligus pencegahan korupsi

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Polda Metro Jaya akhirnya meluncurkan program Integrated BPKB atau e-BPKB yang beralamat di bpkp.net, Sistem Pojok Baca, E-Baca dan Internet Corner. Masyarakat dikatakan dapat memantau langsung proses layanan BPKB dengan e-BPKP melalui situs bpkp.net.


Program ini diresmikan dalam rangka mendukung program prioritas Kapolri PROMOTER (Profesional, Modern dan Tepercaya) mengenai peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat berbasis IT.


Peluncuran ini juga membuktikan bahwa seksi BPKB Subdit Regoden Ditlantas Polda Metro Jaya selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan program-program inovatif berbasis IT.


Acara berlangsung di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/11), dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Wakapolri Komjen Syafruddin, Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa, berikut Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno.


Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyatakan, dengan dibukanya sistem pelayanan e-BPKB ini, diharapkan bisa mengurangi kontak fisik antara polisi dan masyarakat sebagai edukasi serta langkah pencegahan tindak pidana korupsi baik di kalangan petugas kepolisian maupun masyarakat sendiri.


"Intinya merupakan suatu pencegahan terhadap korupsi," tegas Argo.


Pada bagian lain, Menhub Budi Karya mengapresiasi langkah Polda Metro Jaya atas dibukanya sistem pelayanan e-BPKB tersebut. Ia berharap ke depannya program ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu, sinergi antara Kepolisian dan Kemenhub dapat semakin terjalin baik dalam harmoni.


Sementara itu Menteri PAN-RB Asman Abnur ikut mendukung penuh langkah Polda Metro Jaya, dengan harapan agar ke depannya program e-BPKB ini dapat menjamin kemudahan pelayanan publik.


"Tentunya kami selalu berfikir bagaimana agar ke depannya pelayanan publik dapat berjalan dengan baik dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman maupun teknologi. Inovasi yang dilakukan Polri hari ini luar biasa, semoga program ini terus berjalan dengan baik dan lancar," ucap Asman.


Dalam kesempatan itu, Museum Rekor Indonesia (MURI) juga memberikan penghargaan untuk kategori digitalisasi penertiban BPKB yang pertama.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top