5765 
Basmi pungli, Polri luncurkan pengurusan BPKB online

Basmi pungli, Polri luncurkan pengurusan BPKB online

Reporter : Alimin

Beritahati.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meluncurkan program layanan proses pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) berbasis online alias e-BPKB.


Peluncuran program tersebut langsung diresmikan Wakapolri Komjen Syafruddin. Menurutnya layanan ini diterapkan untuk menghindari sekaigus membasmi pungutan liar (pungli) di institusi Polri.


“Karena di bidang Lantas menjadi kepercayaan masyarakat, ini menjadi kebanggaan kita, selain itu program ini untuk mengurangi antara kontak fisik antar pemohon dengan kepolisian,” kata Syafruddin di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (13/11).

Selain itu, kata Syafruddin, program e-BPKB tidak hanya diterapkan di kawasan Polda Metro, juga Polda diseluruh Indonesia harus menerapkan program barbasis digital ini.


“Saya minta e-BPKB ini bisa dilakukan seluruh Polda. Ini gampang sekali. Karena sudah dimulai tinggal dikoneksikan. Diawal 2018 sudah selesai,”pintanya.


Program ini merupakan hasil sinergi bersama antara Seksi BPKB Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Agen Pemegang Merk (APM), serta Lembaga Pembiayaan (Finance), dalam menghadirkan inovasi sekaligus pioneer digitalisasi penerbitan BPKB pertama di Indonesia secara online, terintegrasi dan sistematik.


Selain itu, untuk mewujudkan efisiensi waktu, efektifitas kerja, standar format, kualitas produk, profesionalitas kerja melalui prinsip first in first out, transparansi serta akuntabilitas bagi keseluruhan proses pelayanan BPKB, termasuk layanan survei dan indeks kepuasan masyarakat, pengarsipan, pemblokiran, cross check dan identitas ranmor, serta komplain masyarakat.


Untuk diketahui, Program e-BPKB ini juga dapat diakses di halaman bpkb.net yang akan menampilkan sejumlah layanan lainnya di bagian halaman muka.


Di antaranya perubahan data kendaraan bermotor dengan dua pilihan yakni daftar baru dan status pendaftaran serta panduan registrasi dan prosedur BPKB.


Turut hadir dalam peresmian program e-BPKB, antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Ketua MURI Jaya Suprana dan beberapa pejabat lainnya.


(Editor : Cahyo)


 


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top