Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk obat sakit kepala

Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk obat sakit kepala

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Meski masih perlu diteliti lebih lanjut secara medis, sebagian orang merasa lebih aman jika mengonsumsi obat sakit kepala alami. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini yang diyakini memiliki khasiat untuk meredakan sakit kepala:


Jahe
Salah satu manfaat jahe adalah sebagai obat sakit kepala alami. Sebuah penelitian mengungkap, bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sebanding dengan sumatriptan, yakni salah satu jenis obat sakit kepala migrain.


Kafein
Kandungan kafein yang bisa didapatkan pada beragam jenis minuman seperti kopi atau teh, ternyata diyakini memiliki manfaat untuk membantu meringankan sakit kepala. Kafein sendiri sudah menjadi bahan tambahan dalam obat-obatan untuk meredakan sakit kepala. Meski demikian, perlu waspada terlalu banyak konsumsi kafein dan gejala putus zat kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala.


Cuka sari apel
Meski perlu penelitian lebih lanjut, cuka sari apel atau dikenal juga sebagai apple cider vinegar, diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga mampu mencegah sakit kepala migrain. Untuk mendapatkan manfaat cuka apel dalam mengatasi sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi campuran satu sendok makan cuka sari apel dengan 1 sendok teh madu ke dalam 250 ml air. Atau, Anda dapat menjadikan cuka sari apel sebagai kompres dingin di dahi.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top