Polda Bali Rakornis persiapan Annual Meeting IMF-World Bank

Polda Bali Rakornis persiapan Annual Meeting IMF-World Bank

Reporter : Alimin

Beritahati.com, Bali - Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose beserta Pejabat Utama Polda Bali menghadiri rapat koordinasi teknis (rakornis) bidang keamanan, transportasi, medis dan pelayanan dalam rangka persiapan Annual Meeting IMF-World Bank Group di Junior Ballroom The Stones Hotel, Kuta, Badung, Senin (13/11/2017).


Turut hadir dalam rapat tersebut, antara lain; Sahli OBTI Kemenkeu RI, Susi Wijono dan Peter Jacobs selaku Sahli Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Rakornis yang dimulai pukul 08.30 WITA ini juga melibatkan instansi terkait seperti BIN Daerah Bali, Imigrasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Bank Indonesia, ITDC, PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, TNI, Polri, Paspampres, dan PCO.


Petrus Reinhard Golose mengatakan, secara prinsip hukum pihaknya bertanggung jawab atas sistem keamanan pada saat pelaksanaan IMF-WB yang akan digelar pada bulan Oktober 2018 mendatang.


Perhelatan terbesar di Indonesia ini nantinya akan dihadiri puluhan kepala negara dan 15 ribu delegasi dari 189 negara di dunia.



Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pada event tahunan ini, tentunya berkewajiban memberikan rasa aman dan nyaman kepada para delegasi saat berada di Bali.


Padatnya agenda meeting yang akan mempertemukan puluhan kepala negara juga menjadi perhatian penting pihak keamanan, agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar.


Untuk menyukseskan IMF-WB, seluruh stakeholder yang terlibat dalam kepanitiaan harus meninggalkan egosentral masing-masing dan harus dilakukan bersama-sama.


“Mari kita bersatu padu, saling membantu, sehingga setiap permasalahan mendapat jalan yang terbaik,” ucap Kapolda Bali.


Jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini menambahkan, pola pengamanan yang akan diterapkan harus humanis dan bisa terukur, menyesuaikan dengan peraturan IMF-WB. Hal ini tidak terlepas dari keinginan Negara Indonesia yang ingin mendatangkan para peserta yang efeknya berpengaruh pada perekonomian dalam negeri.


Adapun teknis pengamanannya, Kabag Binops Biro Ops Polda Bali AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati, memaparkan teknis pengamanan meliputi command center, rute perjalanan para delegasi dan jumlah personel Polri. Termasuk pengamanan peralatan IT yang mendukung Annual Meeting IMF-WB.


(Editor : Cahyo)

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top