Apakah terasi bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Apakah terasi bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Terasi adalah salah satu bumbu masakan yang cukup populer di Indonesia. Salah satu bahan baku terasi adalah udang yang sudah difermentasi. Pembuatan terasi secara tradisional banyak dilakukan oleh penduduk di daerah pesisir. Banyak pabrik juga telah memproduksi terasi secara modern dewasa ini.


Pada umumnya, terasi dipakai sebagai bahan utama untuk membuat sambal. Terasi sungguh sangat dapat menyempurnakan rasa sambal. Namun, apakah terasi dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh?


Seperti telah disebutkan di atas, ada beberapa produk terasi yang menjadikan udang sebagai bahan baku utama. Anda tentu tahu bahwa udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Udang merupakan sumber protein, serta vitamin D dan B. Udang juga makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh.


Dalam proses pembuatannya, terasi juga terkadang ditambahkan bahan pewarna agar tampilannya menjadi lebih menarik. Hanya saja, tidak semua pewarna tersebut berasal dari bahan alami. Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memeriksa produk terasi dan bahan pewarna merah dari sebuah pabrik terasi di Bandung.


Berdasarkan hasil tes, produk terasi dan bahan pewarna merah yang digunakan positif mengandung Rhodamin-B. menurut situs resmi BPOM, Rhodamin-B merupakan zat warna golongan xanthenes dyes yang digunakan pada industri tekstil dan kertas, atau dengan kata lain Rhodamin-B merupakan pewarna kain dan kertas. Masih dari sumber yang sama, Rhodamin-B termasuk bahan yang berbahaya bagi kesehatan.


Tidak hanya itu, saat melakukan pemeriksaan, BPOM juga mendapati kondisi ruangan produksi terasi pada pabrik tersebut sangat kotor dan bau. BPOM juga menemukan bahan baku terasi yang terdiri dari ikan asin, terasi putih, rebon, tepung ikan, garam dan pewarna merah, dan peralatan produksi.


Meski belum terlalu banyak fakta yang memaparkan tentang manfaat terasi, tidak ada salahnya untuk mencampurkan sejumput bumbu tersebut ke sambal buatan Anda. Asal, Anda dapat memastikan bahwa produk terasi tersebut aman dan sudah memiliki ijin dari BPOM.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top