Bahaya yang mengintai akibat sering pakai sex toy

Bahaya yang mengintai akibat sering pakai sex toy

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Sebagian orang suka menggunakan sex toy untuk mencapai kepuasan seksual. Maka tak heran, alat pemuas seksual ini tidak begitu sulit didapat di pasaran. Sebut saja vibrator, dildo, oral stimulator, dan lain-lain.


Menggunakan sex toy untuk mencapai kepuasan saat bercinta memang tak ada salahnya. Namun Anda tetap harus berhati-hati, karena alat ini juga menyimpan bahaya kesehatan yang mengintai penggunanya.


Meningkatkan risiko kanker
Sebagian besar sex toy memiliki bahan plastik. Salah satu bahan plastik yang sering digunakan adalah phthalates atau polyvinyl chloride (PVC). Meski masih diteliti, beberapa studi mengungkapkan bahwa orang yang sering terpapar dengan zat tersebut berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara dan kanker testis.


Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan sex toy, perhatikan kandungannya baik-baik. Hindari kedua zat tersebut, agar tak berisiko mengalami kanker di kemudian hari.


Iritasi
Saat menggunakan sex toy, pastikan bahwa daerah kemaluan terlumasi dengan baik. Karena bila tidak, penggunaan alat tersebut dapat menyebabkan iritasi dan lecet di sekitar vagina (pada wanita) atau penis (pada pria).


Penyakit menular seksual
Penggunaan sex toy berganti-gantian dengan orang lain sangat berpotensi menyebabkan penyakit menular seksual, seperti gonore, sifilis, atau keputihan. Oleh karena itu, hindari menggunakan sex toy secara bergantian. Selalu bersihkan alat tersebut dengan air mengalir dan sabun, sebelum maupun setelah menggunakannya.


Gangguan orgasme
Terlalu sering menggunakan sex toy dapat menyebabkan titik-titik sensitif di daerah kemaluan menjadi tidak terlalu sensitif lagi. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan orgasme saat berhubungan intim dengan pasangan.


Sex toy memang dapat menjadi alat bantu untuk mendapatkan kepuasan saat bercinta. Tapi Anda tetap harus waspada, karena bila tidak digunakan dengan bijaksana, alat ini juga dapat mengundang sederet bahaya kesehatan.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top