2325 
Atasi kelelahan, Presiden Jokowi selalu sedia minyak kayu putih

Atasi kelelahan, Presiden Jokowi selalu sedia minyak kayu putih

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta-Manila - Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menjalani rapat maraton dalam KTT ASEAN ke-31 di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin (13/11), yang dimulai sekitar pukul 09.00 hingga pukul 00.00 waktu setempat. 

Kegiatan diawali dengan Opening Ceremony dilanjutkan rapat selama 15 jam. Ternyata ruangan berpendingin udara (AC) menjadi kurang bersahabat bagi Jokowi yang memang kelihatan lelah sejak acara pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution pada 7-9 November 2017 yang lalu.

Saat forum KTT antara ASEAN dengan Korea Selatan, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam dan dasi merah, terlihat serius mendengarkan paparan dari pihak Korea Selatan. Karena ruangan begitu dingin, ditambah kelelahan, tiba-tiba Jokowi merogoh sesuatu dari balik kantong jasnya. 

Sejurus kemudian, sebuah botol kecil tampak sudah dalam genggamannya. Jokowi membuka botol kemudian menuangkan isinya ke telapak tangan kirinya, memasukkan kembali botol ke saku jas, lalu menggosok kedua telapak tangan diikuti menghirup aromanya perlahan. Ternyata botol itu berisi minyak kayu putih, yang jadi andalan Presiden jokowi jika merasa kurang enak badan akibat kelelahan serta terlalu lama di tempat ber-AC.

"Presiden menjalani 11 meeting di ruangan ber-AC dan baru pulang pukul 00.19 waktu setempat. Agendanya padat sekali, jadi tadi Presiden juga sempat mengeluarkan minyak kayu putih dari kantong jasnya," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan resmi, Selasa (14/11). 

Rapat yang dilakoni Jokowi di antaranya rapat sidang Pleno KTT ASEAN ke-31, ASEAN Leader's Interface With Business Advisory Council (ABAC), KTT Peringatan 40 Tahun Kemitraan ASEAN-AS, KTT ke-20 ASEAN-RRT, KTT ke-19 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-20 ASEAN-Jepang, pertemuan bilateral dengan Sekjen PBB Antonio Gutteres, dan KTT ke-9 ASEAN PBB.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top