Kemenko PMK : Generasi milenial perkotaan sudah lebih sadar kesehatan

Kemenko PMK : Generasi milenial perkotaan sudah lebih sadar kesehatan

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Dalam rangka menangani penderita penyakit katastropik pada generasi muda, Asisten Deputi bidang Koordinasi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Meida Octarina mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah Koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya Kementerian Kesehatan dalam mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dengan perwujudan kegiatan peningkatan aktifitas fisik, pengukuran kebugaran dan kegiatan promosi kesehatan misalnya dengan bazar sayur dan buah-buahan.


Meski penyakit katastropik banyak diderita generasi muda akibat buruknya pengetahuan pola hidup sehat, di sisi lain, Meida melihat bahwa anak muda saat ini, khususnya daerah perkotaan ternyata mulai sadar akan pentingnya kesehatan. 

 

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan CSIS dalam judul 'Ada Apa dengan Milenial? Orientasi Sosial, Ekonomi dan Politik', yang menyebutkan bahwa olahraga adalah kegiatan yang paling menarik minat anak muda saat ini dengan nilai tertinggi sebesar 30.8, dibawahnya musik 19.0, menonton film 13.7, sosial 5.5 dan politik 2.3.

Tidak heran jika saat ini ada banyak kegiatan-kegiatan olahraga yang diikuti oleh kalangan anak muda seperti bersepeda dan lari pagi, yang peminatnya sebagian besar berasal dari kaum muda perkotaan. Oleh karena itu, pemerintah saat ini telah menyiapkan jalan khusus bagi para penikmat olahraga sepeda dan lebih banyak taman terbuka untuk melakukan aktivitas fisik. 

 

“Saya kira ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar misi membangun kesehatan ini bisa diraih, kemudian pembangunan nasional bisa tercapai, dan bonus demografi bisa kita rasakan," tandas Meida.

 

Terakhir, Meida juga meminta kepada kelompok masyarakat yang lebih tua di perkotaan agar meniru apa yang sedang digalakkan generasi mudanya saat ini. Artinya, generasi sebelumnya harus bisa juga mengikuti generasi milenial dalam hal menyukai kegiatan olahraga.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top