Cara alami tingkatkan kekebalan tubuh anak agar tidak gampang sakit

Cara alami tingkatkan kekebalan tubuh anak agar tidak gampang sakit

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya selalu terbebas dari penyakit apapun. Oleh karena itu, hal utama yang harus menjadi perhatian adalah menjaga sistem kekebalan tubuh anak Anda.


Sistem kekebalan tubuh anak-anak belum berkembang sempurna, sehingga rentan terkena penyakit. Meski demikian, sebagai orang tua ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas anak Anda.


1. Sajikan lebih banyak buah dan sayuran


Wortel, kacang hijau, jeruk dan stroberi adalah sumber makanan yang mengandung fitonutrien. Studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan fitonutrien dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung, saat dewasa. Usahakan agar anak Anda mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.


2. Meningkatkan waktu tidur


Studi yang dilakukan pada orang dewasa menunjukkan, bahwa kurangnya waktu tidur bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini karena ketika Anda kurang tidur, terjadi pengurangan sel pembunuh alami, yang merupakan senjata dari sistem kekebalan tubuh untuk menyerang mikroba dan sel kanker.


Menurut Kathi Kemper M.D., Direktur Center for Holistic Pediatric Education and Research at Children's Hospital, hal yang sama juga bisa terjadi pada anak-anak.


Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 18 jam sehari. Sementara itu, saat memasuki usia balita, seorang anak membutuhkan 12-13 jam, sedangkan anak-anak prasekolah membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam.


3. Menyusui bayi Anda


ASI mengandung antibodi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa ASI dapat meningkatkan kekuatan otak bayi dan membantu melindunginya dari diabetes dan penyakit kanker di masa depan. Air susu yang mengalir selama beberapa hari setelah kelahiran sangat kaya antibodi dan berguna untuk melawan penyakit.


Oleh sebab itu, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar ibu menyusui anaknya selama setahun. Jika hal ini sulit untuk Anda lakukan, usahakan menyusui setidaknya dua sampai tiga bulan pertama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi Anda.


4. Olahraga bersama


Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh alami pada orang dewasa. Aktivitas ini ternyata juga dapat memberi manfaat bagi anak-anak. Untuk membiasakan anak-anak Anda berolahraga, jadilah panutan yang baik dalam menjaga kesehatan.


“Berolahragalah dengan mereka. Jangan hanya mendorong mereka untuk pergi keluar dan bermain,” kata Renee Stucky, Ph.D., asisten profesor klinis pengobatan fisik dan rehabilitasi di University of Missouri Medical School. Kegiatan keluarga yang menyenangkan termasuk menunggang kuda, mendaki, berenang, dan bermain bola.


5. Jaga kebersihan tubuh anak


Cara termudah untuk mengurangi serangan pada sistem kekebalan tubuh anak adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Anda harus memberi perhatian khusus pada kebersihan mereka sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas.


Biasakanlah anak membawa tisu untuk membersihkan kotoran dengan cepat. Hal ini dilakukan agar anak-anak mempunyai kebiasaan mencuci tangan. Agar proses menerapkan kebiasaan ini berjalan menyenangkan, biarkan mereka memilih handuk dan sabun sesuai selera mereka.


Menjaga sistem kekebalan tubuh adalah upaya untuk memberikan perlindungan anak dari serangan bakteri dan virus. Jaga terus kekebalan tubuhnya agar anak Anda tidak mengalami gangguan kesehatan yang lebih buruk.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top