4 pernyataan Presiden Jokowi, diantaranya kecam Amerika dan bela kepentingan Palestina

4 pernyataan Presiden Jokowi, diantaranya kecam Amerika dan bela kepentingan Palestina
Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers atas sikap Amerika Serikat di Istana Bogor (Foto. Setkab.go.id)
Penulis: Dadi

Beritahati.com, Jakarta - Sebuah pernyataan politik penuh kontroversi di sampaikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Rabu, tiba-tiba membalikkan kebijakan yang telah dianut Amerika Serikat selama berpuluh-puluh tahun dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.


Langkahnya itu memicu kemarahan Palestina dan menunjukkan bahwa ia tidak menghiraukan peringatan soal kerusuhan yang ditimbulkannya di Timur Tengah dengan mengeluarkan pernyataan tersebut.


"Walaupun presiden-presiden (Amerika Serikat, red) sebelumnya telah membuat janji saat kampanye, mereka tidak bisa melaksanakannya. Hari ini, saya melaksanakan (janji saya, red)."


Keputusan Trump itu membahayakan peranan historis Amerika Serikat sebagai penengah dalam konflik Israel-Palestina, juga menimbulkan kericuhan terhadap hubungan dengan sekutu-sekutu Arab, yang diandalkan Washington untuk membantunya melawan Iran dan memerangi kalangan milisi Islamis Sunni.


Terkait pernyataan itu, Presiden Joko Widodo pun mengeluarkan pernyataan kecaman atas sikap Amerika Serikat.


"Indonesia mengecam pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel. pengakuan itu melanggar resolusi DK dan Majelis Umum PBB. Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya," kata Presiden Jokowi melalui keterangannya yang disampaikan di akun twitternya.


Dan Jokowi menuangkan 4 butir pernyataan terkait sikap Amerika tersebut, salah satunya memanggil Duta Besar Amerika di Jakarta.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top