Beritahati.com, Jakarta - Ketika bulan Desember tiba, Natal menjadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu untuk dilewati bersama sanak saudara. Jelang perayaan Natal, sukacitanya lambat laun mulai dapat dirasakan, mulai dari berburu bingkisan untuk orang-orang tersayang, memutar lagu-lagu jingle Natal, serta memilih menu makanan yang akan disantap pada saat hari Natal nanti. Sebelum menentukan menu makanan Natal yang menjadi pilihan keluarga Ibu tahun ini, yuk intip macam-macam kue Natal dari penjuru dunia di bawah ini :


1. Gingerbread



Gingerbread atau kue jahe identik dengan bentuknya yang lucu dan menyerupai orang. Warnanya yang cokelat keemasan serta wangi harum jahe menjadi daya tarik kue Natal yang satu ini. Dikutip dari Majalah Smithsonian, kue jahe juga cukup terkenal di negara Jerman. Di Jerman, kue ini terkenal dengan nama Lebkuchen. Bedanya, di Jerman, kue ini dibentuk seperti hati dan banyak dituliskan pesan. Selain Lebkuchen, Swedia juga memiliki jenis kue jahe yang biasa disebut Pepparkakor.


2. Speculaas



Kue Natal yang berbahan dasar kayumanis ini berasal dari Belanda. Kata “speculaas” berasal dari Bahasa Latin yaitu “Speculum” yang berarti kaca. Awalnya, kue ini dimakan pada tanggal 5 dan 6 Desember untuk memperingati Hari Santa Nikolas atau yang biasa dikenal di Indonesia dengan julukan Sinterklas.


3. Linzer



Kue natal yang satu ini berasal dari salah satu negara di Eropa, yaitu Austria. Adonan Linzer terdiri atas almond, hazelnut, dan juga kayumanis. Linzer, yang dibentuk bulat ataupun hati ini, semakin lezat dengan adanya selai raspberry..


4. Basler Brunsli



Basler Brunsli merupakan kue yang umumnya ditemukan saat hari Natal di negara Swiss. Camilan ini cocok untuk dijadikan partner ngopi yang pas lho, Bu. Basler Brunsli dikenal dengan teksturnya yang chewy dan sering dijuluki dengan Brownies asal Swiss.