Beritahati.com, Jakarta - Indonesia memiliki berbagai macam suku dan juga budaya. Dengan banyaknya suku tersebut, ada banyak juga jenis kuliner di setiap daerah. Walaupun sekilas makanan atau minumannya mirip, tapi ada rasa khas tersendiri lho. Jadi, walaupun kamu misalnya makan soto Kudus, tentu rasanya akan berbeda dengan soto Lamongan.


Nah, selain makanan, minuman dari setiap daerah juga ada bermacam-macam. Dari mulai minuman yang biasanya disajikan hangat atau dingin. Banyak jenisnya deh, kamu tinggal pilih suka yang mana. Nah, berikut ini ada beberapa minuman yang akan menyegarkan harimu.


Es Teler



Walaupun namanya es teler, tapi minuman ini nggak bikin kamu teler kok. Asal minumnya sedikit, kalau banyak ya sama aja, kamu juga bisa teler tuh.


Es teler adalah minuman yang berisi berbagai macam bahan. Ada potongan alpukat, nangka, kelapa muda dan berbagai macam bahan lain yang tiap pedagang pasti memiliki resep yang berbeda. Kuah dari es teler biasanya terbuat dari santan encer yang ditambahkan permanis berupa susu kental manis dan sirup.


Ternyata, es teler ini bermula dari seseorang yang bernama Tukiman Darwijono. Pedagang es campur ini biasanya menjajakan jualannya di Jalan Semarang, Jakarta Pusat sekitar tahun 1980-an.


Nah, karena es campur buatan pak Tukiman ini begitu nikmat, anak-anak muda yang menjadi pelanggannya mengaku keenakan, rasanya jadi kayak teler gitu. Nah, akhirnya, es kelapa muda campur alpukat yang dijual pak Tukiman ini disebut dengan es teler.


Es Oyen



Kamu pasti nggak asing sama minuman dingin yang satu ini, namanya es oyen. Konon katanya, es nikmat nan menggoda ini asalnya dari Bandung.


Es oyen ini mirip-mirip seperti es campur, di dalamnya terdapat berbagai macam bahan. Ada alpukat, nangka, kelapa muda dan sedikit mangga. Kuahnya dibuat dari santan dan susu kental manis, kombinasi yang sangat melegenda nih.


Cendol



Cendol adalah salah satu minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Kalau di daerah Jogja dan sekitarnya, cendol biasanya disebut dengan dawet. Ya, walaupun beda penyebutannya, tapi tetep minuman yang sama kok.


Bahan utama untuk membuat cendol adalah tepung beras. Nah, tepung beras diolah dan di tambahkan pewarna hijau lalu dicetak sehingga bentuknya seperti yang ada sekarang. Untuk menyajikan cendol ini, biasanya beserta sirup gula merah, potongan kecil nangka dan juga kuah santan encer.


Es Doger



Ternyata es doger ini, awalnya hanya es dan doger, itu lho yang warnanya merah muda dan diberi serutan kelapa. Tapi, setelah banyak yang suka, ada beberapa pedagang yang menambahkan tape singkong, ketan hitam, pacar cina dan roti tawar. Ada juga yang menambahkan buah seperti alpukat dan juga nangka.